BPD KSBN Papua Menggelar Festival Budaya di Distrik Waibhu
beritapapua.id - Bupati Jayapura, Mathius Awoitau saat mengunjungi tempat festival dan didampingi sejumlah tokoh adat Waibhu. (foto: Jubi)

Badan Pimpinan Daerah Komite Seni Budaya Nusantara (BPD KSBN) Papua bersama masyarakat di Distrik Waibhu menggelar Festival Budaya di Distrik Waibhu.

Kegiatan ini berlangsung dari 22 – 27 November di Tanjung Yunderei Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat berkunjung ke tempat kegiatan mengatakan, festival budaya seperti ini bertujuan mempromosikan keindahan alam di wilayah itu. Selain itu, festival tersebut juga sebagai bukti kecintaan masyarakat terhadap daerah mereka.

“Sebelumnya, masyarakat pemilik tempat ini sudah berdiskusi dengan saya, dan saya memberikan keleluasaan kepada mereka untuk berkreasi mengembangkan ide kreatif mereka, untuk melaksanakan Festival Waibhu bagi masyarakat di tujuh kampung,” ujar Bupati Awoitauw, Selasa (23/11/2021).

Awoitauw mengaku, festival budaya yang kerap masyarakat lakukan merupakan sebuah fenomena yang sangat baik. Dengan begitu masyarakat akan tetap berkreasi dengan ide-ide kreatif mereka.

Ia mengatakan bahwa di kampung-kampung lainnya di Kabupaten Jayapura juga sering ada kegiatan festival seni dan budaya atas ide dan kreativitas masyarakat sendiri.

“Tugas pemerintah hanya sebatas memberikan dukungan, tidak bisa intervensi langsung ke dalam. Biarkan masyarakat sendiri yang mengatur dan melaksanakan semua kegiatannya. Baik publikasi maupun menghadirkan tamu-tamu dan masyarakat dari kampung yang berdekatan,” jelasnya.

Menghadirkan Seniman Lokal Papua

Festival Waibhu juga menghadirkan sejumlah seniman lokal Papua seperti Shandi Betay, Mechu Imbiri, Robby Sawaki, Gorby TCR, serta Dave Solution.

Harapannya dengan adanya sejumlah seniman lokal Papua tersebut dapat menyemarakkan pelaksanaan kegiatan dan menghibur para pengunjung.

Baca Juga: Vaksinasi Kota Jayapura Telah Mencapai Target 72%

Ketua Panitia Pelaksana Festival, Yohana Rumayom mengatakan kegiatan Festival Waibhu ini bertujuan untuk mengangkat potensi pariwisata di Distrik Waibhu.

Ia mengatakan bahwa sejumlah pihak seperti kelompok pengrajin lokal, barista, pengrajut noken, dan kelompok kuliner khas Papua serta dari pihak pemerintah daerah seperti Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag dan Perpustakaan, sudah dikoordinasi untuk terlibat di dalam kegiatan festival ini, dengan menyiapkan stan dan tenda peserta.

“Ini yang pertama kali dan kami sangat bersyukur mendapat dukungan penuh dari masyarakat Waibhu,” katanya.