BPJS Kesehatan Sorong Menyediakan Layanan Daring
Beritapapua.id - BPJS Kesehatan Sorong Menyediakan Layanan Daring - Lensa Papua

BPJS Kesehatan Sorong Menyediakan Layanan Daring – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sorong, Provinsi Papua Barat, menyediakan layanan daring untuk mempermudah peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pengurusan tersebut bisa dilakukan via PANDAWA sebagai layanan nontatap muka guna mengakses fitur kepesertaan dari rumah.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong Ambar Permana dalam siaran persnya menyatakan bahwa Masyarakat Sorong dapat memanfaatkan layanan PANDAWA dengan menghubungi nomor WA 081247751731. Adapun PANDAWA sendiri merupakan kependekan dari Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp.

Lebih lanjut Ambar juga menerangkan kepada masyarakat terkait penggunaan PANDAWA. Masyarakat dapat menggunakan PANDAWA dengan mengirimkan teks seperti biasa ke nomor tersebut dan menunggu respon petugas. Dengan adanya penggunaan teknologi seperti ini, Ambar berharap PANDAWA dapat menekan kunjungan peserta JKN-KIS yang dapat membludak pada kantor-kantor pelayanan selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Penemuan Jejak Hunian Prasejarah Kampung Asei

PANDAWA menjadi Layanan Administrasi Peserta BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Sorong Menyediakan Layanan Daring
Beritapapua.id – BPJS Kesehatan Sorong Menyediakan Layanan Daring – Republika

Ambar Permana mengatakan penggunaan layanan PANDAWA tersebut untuk keperluan administrasi para peserta JKN-KIS.  Seperti keperluan daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.

“Harapannya, PANDAWA ini dapat menjadi layanan alternatif yang memudahkan masyarakat di masa pandemi COVID-19 saat ini. Masyarakat dapat mengakses layanan tersebut mulai pada pukul 08.00-15.00 WIB setiap hari kerja. Kami optimalkan agar pelayanan PANDAWA ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong itu.

Salma (45), yang merupakan salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), mengatakan terbantu dengan fasilitas PANDAWA. Ia menurutkan lewat adanya fasilitas ini, Ia dapat mengakses layanan JKN-KIS tanpa perlu keluar rumah.

“Informasi tentang layanan PANDAWA ini sudah cukup meluas ke lingkungan saya, dan kemarin sudah saya coba. Saya melakukan pengajuan perubahan FKTP, dan alhamdulillah diproses dengan cepat dan tanggap oleh petugasnya. Layanan ini sangat membantu,” Jelas Salma.