BPW-KKSS Papua Barat Melaksanakan Vaksinasi Massal
beritapapua.id - salah satu warga yang ikut vaksinasi massal di kantor wali kota Jayapura (foto : jubi)

Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan atau BPW-KKSS provinsi Papua Barat melaksanakan vaksinasi massal. Hal ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok dari paparan virus Covid-19.

Wakil ketua satu BPW-KKSS Provinsi Papua Barat, Abdul Fattah mengatakan vaksinasi massal itu berlangsung untuk mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 di daerah itu.

“Vaksinasi massal ini kami laksanakan demi membentuk kekebalan individu maupun kelompok sebagaimana program pemerintah saat ini,” ujar Abdul Fattah.

Vaksinasi massal BPW-KKSS bisa terjadi karena sebagaian besar warga KKSS beraktivitas dengan masyarakat umum di Papua Barat. Hal ini karena warga KKSS berprofesi sebagai pekerja publik sektor bisnis dan pelaku ekonomi.

Selain itu ia juga menambahkan, vaksinasi ini bisa terwujud karena melihat kasus Covid-19 Papua Barat masih tinggi. Hal ini membuat perlunya langkah pencegahan bersama melalui vaksinasi massal itu.

“Rata-rata warga KKSS daerah ini beraktivitas di aera publik sebagai pedagang di pasar, pejasa ojek, usaha kios, dan usaha lainnya yang berhadapan dengan orang banyak,” kata dia.

Abdul Fattah juga mengatakan pelayanan vaksin Covid-19 itu tak hanya untuk warga Sulawesi Selatan, tapi juga untuk umum. Selain kegiatan vaksinasi tersebut ada pula kegiatan pemberian hadiah hiburan atau door prize.

“Jadi BPW-KKSS Papua Barat hanya mendukung program pemerintah, sehingga siapapun warga Manokwari yang bersedia divaksin dipersilahkan,” kata Abdul Fattah.

Kegiatan Vaksinasi BPW-KKSS Wujud Dari Kerjasama Dengan Satgas Covid-19

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan mengatakan kegiatan vaksinasi massal itu merupakan kerjasama BPW-KKSS dengan Satgas Covid-19 provinsi dan kabupaten Manokwari.

Parorongan mengakui bahwa upaya BPW-KKSS sangat positif, karena akan membantu pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi di provinsi itu.

Baca Juga : Demi Akses Internet, Puluhan Orang Berkumpul di Depan SMAK Seminari

“Tenaga vaksinator dalam kegiatan ini melibatkan tim vaksinator Satgas Covid-19 provinsi, kabupaten Manokwari dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Manokwari,” kata Otto Parorongan.

Ia mengatakan bahwa Satgas Covid-19 masih membuka diri kepada kerukunan maupun paguyuban lainnya di daerah itu untuk melaksanakan vaksinasi.

“Di Papua Barat baru BPW-KKSS yang melaksanakan vaksinasi massal mewakili organisasi kemasyarakatan di wiayah ini.