Brand Lokal Papua Turut Terlibat Dalam Perhelatan PON XX Papua
beritapapua.id - ilustrasi dukung brand lokal. (foto: Vstory)

Brand lokal Papua turut terlibat dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 melalui program PONDEMI Kolaborasi. Nama-nama Brand lokal Papua tersebut adalah Papuan Culture, Noken Clothing, Biabom, Exotis, Eijh, House of Meno, NOD Store, Brodeer
Kolaborasi ini juga menjadi sarana untuk mengenalkan dan memasarkan produk kolaborasi kepada masyarakat Indonesia.

Owner Papua Culture Aswin Nirwan mengatakan bahwa kesempatan ini merupakan momen untuk memperkenalkan produk lokal Papua ke seluruh Indonesia.

“Sebuah kesempatan yang langka, kami dapat kolaborasi dengan artisan di Indonesia untuk mensosialisasikan PON melalui produk fashion ke anak muda di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Senada dengan Aswin, Founder Noken Clothing, Paris Asa Bumbungan mengatakan senang bahwa produk lokal Papua bisa berpartisipasi dalam PON XX. Karena menurutnya dengan adanya kolaborasi ini bisa mengenalkan produk lokal Papua ke seluruh Indonesia.

Selain itu ini juga memberikan dampak yang positif kepada pendapatan dari masing-masing produk lokal tersebut.

Baca Juga: Jumlah Atlet dan Official PON XX Positif Covid-19 Bertambah Menjadi 40 Orang

Ia juga mengatakan hasil kolaborasi ini juga bisa mengangkat kearifan lokal seperti kain Melle Taba di menjadi produk fashion yang menarik di mata penikmat fashion. Apalagi kain Melle Taba merupakan salah satu asli produksi UMKM pengrajin asal Sorong yaitu Suku MOI.

Produk Hasil Kolaborasi

Hal ini juga menjadi daya pikat tersendiri bagi para penikmat fashion di Indonesia ketika kerajinan tradisional buatan tangan ini bisa menjadi elemen dalam fashion. Dari hasil kolaborasi tersebut melahirkan produk seperti sepatu, topi, dan crew neck.

Untuk program PONDEMI, Panitia Besar PON XX Papua 2021 yang didukung oleh Kementerian Kominfo serta bekerjasama dengan Papua Muda Inspiratif telah memberdayakan komunitas, brand lokal, UMKM, hingga seniman Papua untuk berperan aktif dalam membuat produk kolaborasi dan dipasarkan secara nasional melalui marketplace Tokopedia.

Sehingga Brand lokal Papua memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan Brand dalam Negeri dan Artisan dari seluruh Indonesia.

Pelaksana Tugas Koordinator Bidang Pemasaran PB PON XX Papua 2021 Dr. Karsudi, SP, MSi juga mengatakan adanya kolaborasi ini para talenta muda dan UMKM Papua bisa tumbuh berkembang dan maju. Dan ini juga bisa menjadi kesempatan untuk UMKM Papua untuk bisa mendapatkan manfaat dari pelaksanaan PON XX di Papua kali ini.

Bagi masyarakat yang ingin melihat produk kolaborasi ini dapat mengunjungi dan membeli melalui marketplace Tokopedia “Store PON Papua XX”.