Buah Kuansu Dari Surga Tanah Papua
beritapapua.id - Buah Kuansu Dari Surga Tanah Papua - 8villages.com

Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Tanah Papua. Oleh Masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut Kuansu. Buah Kuansu ini memiliki nama ilmiah Pandanus Conoideus karena tanaman Buah Merah termasuk ke dalam tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon yang menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 Meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m yang diperkokoh pada batang sebelah bawah.

Budidaya tanaman buah merah dipelopori oleh seorang warga lokal Nicolaas Maniagasi sejak tahun 1983, dan atas jerih payahnya tersebut mendapatkan penghargaan lingkungan hidup Kehati Award pada tahun 2002.

Buah merah biasanya dikonsumsi oleh masyarakat sekitar dengan cara dimakan langsung, atau dengan beberapa cara lain untuk memakanya seperti dipotong-potong lalu direbus, dipanggang, atau dimasak dalam oven batu. Biji dan daging buah merah pun bisa ditumbuk, dicampur dengan air, dan disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan.

Buah merah juga menghasilkan minyak nabati, minyak ekstrak Buah Merah juga digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami yang tidak mengandung mikroorganisme pathogen dan logam berat.

Buah Merah juga disajikan disaat pesta adat dan sebagian menjadikannya untuk obat berbagai macam penyakit. Potensi utama dari Buah Merah ini secara tradisional digunakan untuk sumber minyak nabati atau minyak karotenoid selain kelapa sawit. Buah Merah ini mengandung lemak yang cukup tinggi yaitu 35% per berat kering sehingga kandungan asam lemaknya hamper sama dengan minyak goreng pada umumnya.

Dalam Buah Merah yang berair ini terkandung berbagai macam nutrisi penting yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Protein, enegergi, karbohidrat, lipid, natrium, alfa-karoten, beta karoten, vitamin C, beta-cryptoxanthin, dan alfa-tokoferol, semua ada dalam buah ini.

Baca Juga: Pemda Kaimana Bentuk Satgas Pencegahan Corona

Manfaat Buah Kuansu Tanah Papua

Buah Merah juga sangat kaya dengan antioksidan dan juga asam lemak (omega-3 dan omega-9). Kedua senyawa ini mampu membantu tubuh menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah merah:

  1. Mencegah Kanker
  2. Mencegah Diabetes
  3. Mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit lain yang terkait
  4. Menjaga kesehatan Mata
  5. Membantu mencegah HIV/AIDS dan Hepatitis B

Karena kekayaan akan khasiatnya itulah banyak masyarakat mancanegara mengincar Buah Merah Papua ini. Buah ini juga kerap digunakan sebagai obat-obatan dan juga penelitian. Pengolahan buah ini banyak diekspor ke berbagai negara  di kawasan Asia, Eropa, Bahkan sampai Afrika lantaran jarang ditemukan selain di Papua. Karenanya Buah Merah Papua menjadi potensi baru untuk pendapatan masyarakat sekitar. Diharapkan pemerintah kedepannya mulai membudidayakan Buah Merah pada tahapan selanjutnya sehingga juga akan berdampak pada pendapatan daerah Papua.