Bulan Merah Jambu, Super Moon Terbesar di Tahun 2020
beritapapua.id - Bulan Merah Jambu, Super Moon Terbesar di Tahun 2020 - Istimewa

Bulan Merah Jambu, Super Moon Terbesar di Tahun 2020 – Hari Selasa, 07/04/2020 malam hingga Rabu 08/04/2020 dini hari, bulan tampak lebih besar dan lebih terang dari pada biasanya. Fenomena purnama yang tak lazim ini disebut Pink Super moon atau bulan merah jambu.

Penyematan warna merah jambu pada fenomena ini bukan serta merta berarti bulan yang tampak itu berwarna merah jambu, namun penamaan tersebut diambil dari nama bunga ‘Wild Ground Phlox’ yang mulai mekar pada bulan ini. Metafora yang berasal dari suku Indian di Amerika Serikat lah yang pertama kali mulai menamakan fenomena ini dengan ‘Pink Super moon’.

Bulan tampak lebih besar dari biasanya karena pada saat fenomena ini menemui puncaknya, posisi bulan akan berada di titik terdekatnya dengan bumi yakni 356.910 km dari bumi, ini yang menyebabkan visualisasi dari bulan akan tampak lebih besar dan telanjang dari biasanya.

Dengan posisi yang berlawanan dengan matahari, bulan merah jambu akan mendapatkan pantulan cahaya penuh hingga tampak lebih terang dari biasanya. Dari berbagai pantauan, ditambah jernihnya langit akibat berkurangnya polusi, efek dari pandemi coronavirus disease (Covid-19), hingga pukul 03:00 WIB pada hari ini, Rabu, 08/04/2020 langit masih tampak bercahaya dan jernih.

Baca Juga: DPRD Buru Alihkan Dana Rp3,1 Miliar Tangani Waspada Covid-19

Dampak Dari Pink Super Moon

Jarak antara bulan dan bumi akan sangat mempengaruhi pasang surutnya air laut. Dengan jarak yang begitu dekat dengan bumi, perubahan air pasang akan lebih tinggi dan ekstrim dari biasanya. Garis-garis pantai pun diminta untuk lebih mewaspadai mengantisipasi terjadinya pasang yang lebih tinggi untuk beberapa hari ke depan.

Di kalangan pemerhati dan penggemar yang mendalami astrologi pun, fenomena bulan merah jambu ini menjadi istimewa. Konstelasi bulan dan matahari pada titik dan fase tertentu, menjadi penanda alam yang bisa membawa perubahan bagi orang-orang tertentu.

Dipercaya fenomena bulan merah jambu ini bisa dijadikan penanda untuk melakukan perubahan. Simbol dari bunga yang mekar merupakan tanda dari alam agar manusia bisa melakukan perubahan drastis. Bermetamorfosis untuk menjadi perubahan.

Dipercaya atau tidak merupakan hak masing-masing yang bersifat relatif. Penampakan fenomena Super Pink Moon ini memang tak ditampik sebagai keindahan semesta ketika masing-masing komponen memainkan peranannya dengan baik.