Bupati Bersama Wakil Bupati Manokwari Kunjungi DPD PWKI
beritapapua.id - Bupati dan Wakil Bupati Manokwari saat melihat langsung hasil karya. (Foto: Istimewa)

Bupati Manokwari, Hermus Indou, bersama Wakil Bupati, Edi Budoyo melihat langsung aneka hasil karya dari kelompok dasawisma di halaman kantor DPD PWKI Papua Barat, Kamis (21/04/2022).

Hadir juga Ketua TP PKK, Febelina Indou, dan Ketua I TP PKK, Since Budoyo, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Usai melihat hasil karya kelompok dasawisma, Bupati Hermus menyatakan Pemkab Manokwari akan memberikan dukungan kepada PKK dan kelompok dasawisma agar lebih kreatif dan inovatif menghasilkan produk bernilai pasar.

Menurut Hermus, hasil karya dari kelompok dasawisma menggambarkan jati diri dan potensi yang ada di masyarakat Kabupaten Manokwari.

“Bahwasannya daerah ini sangat kaya dan butuh inovasi yang harus dilakukan oleh semua pihak dan butuh pemberdayaan dari pemerintah daerah dan semua stakeholders yang menaruh hati dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk bagaimana produk UMKM masyarakat bisa diberdayakan dan bisa bernilai pasar,” ujarnya.

Ia berharap hasil karya dari kelompok dasawisma di setiap distrik dan kelurahan bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga di wilayah tersebut. Untuk itu Pemkab Manokwari terus berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada PKK dan semua kelompok dasawisma di Kabupaten Manokari.

Menurutnya dengan begitu mereka bisa lebih kreatif, inovatif, untuk bisa menghasilkan banyak karya dan produk unggulan yang bernilai pasar.

Dengan menghasilkan karya bernilai pasar, Hermus berharap, ekonomi keluarga bisa bertumbuh, ekonomi masyarakat juga bertumbuh, dan pendapatan perkapita masyarakat bisa ikut bertumbuh.

“Dengan demikian, daya beli masyarakat juga akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten ini bisa meningkat,” pungkasnya.

Jenis-jenis Produk Hasil Karya Kelompok Dasawisma

Ketua TP PKK Kabupaten Manokwari, Febelina Indou, mengatakan ada banyak produk hasil karya kelompok dasawisma yang dipamerkan.

Di antaranya anyaman tas, baik dari kulit kayu maupun benang, keripik, minyak kelapa yang sudah disuling, dan produk apotek hidup.

Baca Juga: Bupati Hermus: Museum Jadi Sarana Efektif Sebagai Media Pendidikan dan Pariwisata

Selain itu, ada hasil keterampilan pembuatan kue, aneka minuman, aneka jenis bunga. Selain itu, ada aneka kerajinan tangan lainnya.

Ia berharap, adanya pameran ini membuat produk-produk ke depan agar lebih safety lagi serta kemasan dan cita rasa untuk ditingkatkan.

Dengan demikian, akan menjadi produk unggulan yang dapat dipasarkan guna meningkatkan ekonomi keluarga agar keluarga sejahtera bisa terwujud di semua distrik, kelurahan, dan kampung.

Menurutnya, kelompok-kelompok dasawisma yang ada telah memiliki kebun dan kebun tersebut telah ada hasilnya. Hasil kebun berupa aneka sayuran ikut untuk dipamerkan pada kesempatan tersebut.

Menurutnya, dari sembilan distrik, sembilan kelurahan, dan 164 kampung, baru ada 105 kelompok dasawisma yang terbentuk. Harapannya agar pameran tersebut memotivasi terbentuknya kelompok dasawisma di semua distrik, kelurahan, dan kampung di Kabupaten Manokwari.