Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Ajak Masyarakat Untuk Ikut Membangun Yalimo
beritapapua.id - Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Nahor Nekwek dan John Wilil saat menggelar syukuran. (Foto: Papuinside)

Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Yalimo periode 2020-2025 menggelar syukuran bersama warga Yalimo dan pendukungnya di Jalan Damai, Tanah Hitam Kota Japura, Sabtu (12/3/2022) sore.

Keduanya menjadi pemenang Pilkada Yalimo setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan sengketa Pilkada yang dilayangkan pasangan Lakius Peyon- Nahum Mabel. Dalam perkara dengan Nomor :145/PHP.BUP-XIX/2021. MK menyatakan hasil Pilkada pada surat keputusan KPU Yalimo Nomor 301/PL.02.7/9122/2022 adalah sah.

MK menyatakan, Nahor Nekwek-John W. Wilil adalah 48.504 suara dan Lakius Peyon- Nahum Mabel adalah 41.548 suara. KPU Yalimo pun diminta untuk menetapkan pasangan calon Nahor-John sebagai pemenang Pilkada Yalimo 2020.

Kepada wartawan Nahor Nekwek mengatakan, setelah terpilih dan ditetapkan MK sebagai pemenang, ia bersama John Wilil akan langsung membangun Yalimo. Ia pun mengajak semua pihak untuk sama-sama membangun Kabupaten Yalimo.

“Semuanya, baik pendukung 01 dan 02 semua harus komitmen bangun Yalimo. Karena ini kita bangun daerah bukan urusan kampung atau keluarga, mari kita bangun Yalimo dengan waktu yang singkat ini,” kata Nahor.

Pemulihan Kabupaten Yalimo

Ia menjelaskan bahwa langkah awal yang akan ia lakukan bersama John Wilil adalah pemulihan Kabupaten Yalimo.

“Itu prioritas, kami yang ditunjuk sebagai bupati dan wakil bupati akan kumpulkan mereka, duduk bersama baik pengusaha, pedagang, TNI- Polri, masyarakat untuk merancang rencana yang baik kepada kabupaten Yalimo di semua sisi,” ungkapnya.

Ia mengakui, pendidikan maupun kesehatan di Yalimo sempat lumpuh akibat situasi politik yang ada.

“Hal-hal lain akan kami lakukan nanti, yang penting adalah pemulihan semua bidang, semua lini, semua sisi baik pendidikan maupun kesehatan dan keamanan ini yang akan kami lakukan,” tandasnya.

Baca Juga: Keluar Dari Zona Degradasi, Persipura Hadapi Rintangan Berat

Wabup Yalimo, John Wilil menambahkan, ia menginginkan negara benar-benar wujudkan demokrasi sehingga masyarakat merasa aman.

Apa yang terjadi ia meminta agar semua pihak mengambil pelajaran. “Kami bupati dukungan dan sesuai visi-misi, kami akan mendekatkan diri dengan masyarakat yang ada di bawah, untuk membangun Yalimo,” ucapnya.

Sementara, Erdi Dabi yang sempat terpilih namun didiskualfikasi oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pun mengajak semua pihak untuk turut membangun Yalimo.

“Pertandingan politik dengan sehat ini sudah kami lakukan dan mari kita bergandengan tangan untuk membangun kabupaten Yalimo. Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak dan seluruh warga Yalimo,” katanya saat mendampingi bupati dan wakil bupati Yalimo.

Walau sudah didiskualifikasi, ia dengan tegas mengatakan bahwa kader-kader di Yalimo masih ada. Ia pun mengajak semua OPD dan lainnya untuk kembali ke Yalimo untuk bekerja.

“Kepada tim, generasi milenial Yalimo saya juga ucapkan terimakasih, mari bangun Yalimo bersama bupati dan wakil bupati yang terpilih,” tutupnya.