Bupati Hermus Indou Serahkan SK Plt Kepala Puskesmas dan Kembali Membuka Puskesmas
beritapapua.id - Bupati Manokwari, Hermus Indou. (Foto: Jubi)

Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyerahkan SK kepada Selfina Safkaur sebagai Plt Kepala Puskesmas Wosi. Safkaur menggantikan pejabat sebelumnya, Everdina Wanggai.

Penyerahan SK dilakukan di tenda darurat tempat para tenaga medis memberikan pelayanan karena Puskesmas Wosi masih dipalang. Usai menyerahkan SK bupati dan pejabat daerah yang hadir kemdudian membuka palang Puskesmas.

Usai menyerahkan SK, Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengatakan bahwa pergantian pejabat atau pengisian jabatan di lingkup Pemkab Manokwari merupakan hak prerogatif bupati. Bupati dengan kewenangannya bisa mengangkat siapa saja yang memenuhi persyaratan dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pergantian pejabat, kata Hermus, bertujuan memastikan kinerja instansi pemerintah daerah berjalan baik dan bermanfaat serta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Pergantian kepala Puskesmas juga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Menimbulkan Pro dan Kontra

Hermus menuturkan, setelah pelatikan Everdina Wanggai dalam menggantikan pejabat sebelumnya, timbul pro dan kontra di antara sesama tenaga medis di Puskesmas Wosi.

Akibatnya terjadi stagnasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga: Wali Kota Jayapura Minta Penyedia Jasa Telekomunikasi Pastikan Tidak Ada Lagi Blank Spot

“Penunjukan Safkaur karena dia orang netral dan menenuhi syarat. Kita ambil jalan tengah supaya tidak ada yang dirugikan dan tidak ada yang diunntungkan,” tegasnya.

Hermus meminta agar masalah di Puskesmas Wosi cukup sampai di masalah antara Everdina Wanggai dengan pejabat sebelumnya. Jika masalah itu selesai, jangan buat masalah baru.

“Kalau tidak Puskesmas penuh dengan konflik dan tidak melayani masyarakat dengan baik. Kalau ada apa-apa lagi di sini, kita akan evaluasi menyeluruh semua petugas medis di sini,” tegasnya lagi.

Hermus pun meminta semua tenaga medis di Puskesmas Wosi untuk mendukung kepala Puskesmas yang baru. Pihaknya juga berkomitmen agar Puskesmas Wosi yang dipalang dibuka kembali untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mari bergandengan tangan untuk melayani masyarakat,” ajak Hermus.

Hadir pula pada penyerahan SK tersebut yakni Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo; Asisten I Sekda Manokwari, Wanto; dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, dr. Alfred Bandaso. Hadir juga semua tenaga medis Puskesmas Wosi. Usai penyerahan SK, palang Puskesmas Wosi pun dibuka.