Bupati Jayapura Ajak Kampung Adat Kreatif Ciptakan Inovasi Baru
beritapapua.id - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. (foto: istimewa)

Bupati Jayapura, Mathius Awoitau mengajak kampung-kampung Adat untuk mampu lebih kreatif dan menciptakan hal yang baru. Hal ini sendiri ia maskud untuk membuat para wisatawan untuk datang ke kampung-kampung tersebut.

Bupati Jayapura, Mathius juga menjelaskan bahwa sebagian kampung-kampung yang ada di Kabupaten Jayapura sudah beralih statusnya menjadi Kampung Adat. Dan oleh karena itu masyarakat harus mampung untuk memikirkan dan menciptakan inovasi baru demi kemajuan kampung tersebut.

Dengan begitu menurutnya akan banyak wisatawan yang akan mengujungi kampung-kampung tersebut dan menjadi destinasi wisata yang menguntungkan bagi masyarakat.

“Kalau masyarakat sudah bisa menciptakan inovasi dan kreasi serta karya baru bagi kampungnya masing-masing, pasti banyak orang akan mengunjungi kampung tersebut dan sudah pasti menjadi destinasi wisata yang menguntungkan masyarakat setempat,” ujarnya, di Sentani, Rabu (3/11/2021).

Potensi Sumber Daya Alam

Bupati Jayapura juga mengatakan bahwa potensi SDA yang ada di masing-masing kampung tersebut sangat menjanjikan. Hal itulah yang menurutnya bisa membuat kampung-kampung tersebut bisa lebih berinovasi lagi dalam membangun kampung-kampung itu.

Mathius mengungkapkan bahwa ada sejumlah kampung yang sudah melakukan inovasi dan kreasi baru, seperti Kampung Yoboi, Doyo Lama, Yokiwa, Repang Muaif, Tablanusu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Anggun Cipta Sasmi Akan Tampil Dalam Acara Pembukaan Peparnas XVI

“Kampung Yoboi pada pelaksanaan PON kemarin banyak sekali tamu-tamu yang mengunjungi. Bahkan ada beberapa pejabat pemerintah pusat seperti Menteri Parekraf dan pimpinan daerah setingkat gubernur yang ke Kampung Yoboi. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kampung tersebut. Dan ini yang kita harapkan bisa dilakukan oleh kampung lain,” jelasnya.

Sementara itu, tokoh agama Kampung Kaitemung Distrik Nimboran, Alberth Wambukomo menjelaskan bahwa masyarakat adat di kampung tersebut, menginginkan agar kampungnya bisa menjadi Kampung Wisata.

Karena menurutnya, dari sisi budaya masyarakat adat selalu hidup dengan seni dan tari-tarian.

“Selain hal-hal tadi yang disebutkan, dalam rangka pengambilan api Peparnas yang kemarin baru dilakukan di kampung ini, ada sebuah patung manusia sambil pegang obor yang sudah dibangun. Dan patung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar kampung,” kata Bupati Jayapura.