Bupati Kasihiw: Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Harus Dilakukan
beritapapua.id - Bupati Kasihiw: Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Harus Dilakukan - Detik Indonesia

Bupati Kasihiw: Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Harus Dilakukan – Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw mengatakan, sosialisasi penanganan dan pencegahan Covid-19 harus dilakukan terus menerus. Agar masyarakat tidak mendengar informasi yang keliru menyebabkan keresahan.

“Saya menilai sosialisasi ini belum berjalan dengan baik. Ada kebijakan-kebijakan yang diambil kurang direspon baik oleh masyarakat, dan kita tidak bisa salahkan mereka, mengingat pemahaman masyarakat seperti itu,” katanya di Bintuni, Sabtu (11/4/2020). Edukasi kepada masyarakat berupa imbauan untuk cuci tangan setelah beraktivitas, pemakaian masker bagi orang yang sedang sakit, dan etika bersin atau batuk di tempat umum.

Sebelumnya diberitakan, bila karantina wilayah diterapkan, angka kematian kasus positif COVID-19 diprediksi bakal rendah. Ternyata strategi untuk menanggulangi virus Corona ini punya risiko. Angka kematian memang bisa ditekan dengan karantina wilayah, tapi COVID-19 gelombang kedua, ketiga, dan seterusnya bakal muncul lagi. Dalam skenario supresi, karantina wilayah diterapkan. Sebanyak 90% populasi benar-benar tidak diizinkan bepergian.

Baca Juga: Kampung Masina Bukan Tempat Karantina Positif Covid-19

Berbagai Cara untuk Sosialisasi

Menurutnya sosialisasi bisa melalui media sosial, selebaran dan pengeras suara. “Kalau hal ini tidak dilakukan maka, saat dikeluarkan himbauan dan lain lain, maka masyarakat pasti mengatakan belum tahu, dan kita tidak bisa salahkan mereka. Oleh karenanya sosialisasi merupakan kunci, kalau tidak ada, mana masyarakat mengetahui satgas dan pemda sudah bekerja,” ujarnya.

Dikatakannya, penanganan pandemi Covid-19 harus melibatkan semua komponen, sehingga dibutuhkan relawan yang dapat membatu tugas dari Tim Gugus Tugas Covid-19. “Oleh karena itu, harus dipikirkan untuk membuka penerimaan relawan yang bisa membantu gugus tugas Covid- 19 ini,” katanya.

Bupati mengungkapkan relawan ini akan bertugas mensosialisasikan terkait pencegahan Covid- 19 kepada masyarakat.

Selain itu, kata Bupati, sangat penting komunikasi antara posko induk dan posko lainya. Sehingga ketika ada keputusan kebijakan dapat langsung diterpakan di seluruh posko. “Dalam waktu dekat ini saya akan keluarkan surat edaran kepada seluruh pimpinan OPD, distrik dan kepala kampung agar ikut mensosialisasikan hal ini (penanganan covid -19) kepada masyarakatnya agar tidak mendengar informasi yang tidak benar dan tidak bertangungjawab,” pungkasnya.