Bupati Kutai Timur Terjerat OTT oleh KPK
beritapapua.id - Bupati Kutai Timur Terjerat OTT oleh KPK - Tempo

Bupati Kutai Timur, Ismunandar dan beberapa pejabat daerah Kabupaten Kutai Timur terkena rangkaian Operasi Tangkap Tangan (OTT). Operasi yang digelar oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis malam, (2/7/2020). Kepala Daerah Kabupaten Kutai Timur tersebut ditangkap karena adanya dugaan tindak pidana korupsi. Selain mengamankan beberapa tersangka, KPK juga ikut mengamankan beberapa barang bukti tindak pidana tersebut.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan operasi dilakukan oleh tim penindakan komisi antikorupsi. Hal ini berkaitan dengan adanya dugaan suap terkait proyek pengadaan barang dan jasa yang terjadi di wilayah tersebut. Firli menerangkan bahwa Bupati dan beberapa pejabat daerah diamankan pada Kamis malam 19.30. Ini merupakan rangkaian dari tertangkap tangannya Tindak Pidana Korupsi berupa menerima hadiah atau janji dalam pengadaan barang dan jasa di salah satu kabupaten Kalimantan Timur. Lebih lanjut Firli juga berjanji akan membeberkan duduk perkara secara detail setelah proses pengumpulan barang bukti dan keterangan selesai.

Baca Juga: Gugatan terhadap UU Nomor 2 Tahun 2020

Bupati Kutai Timur Tertangkap Tangan

Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango mengatakan Bupati Kutai Timur, Ismunandar ditangkap di sebuah hotel yang berlokasi di Jakarta. Ia ditangkap bersamaan dengan istrinya dan seorang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Mereka kemudian dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk diperiksa lebih lanjut. Selain itu, KPK juga menangkap sejumlah pihak lain di Kutai Timur dan Samarinda, Kalimantan Timur yang telah amankan.

Kantor Bupati Kutai Timur pun telah dilakukan penyegelan sejak Kamis (2/7/2020) pukul 10.00 WITA. Penyegelan ini dilakukan sehungan dengan OTT yang terjadi pada beberapa pejabat dan Bupati Kutai Timur. Seperti dikutip dari Tribunnews.com, di dalam kantor tersebut, pintu ruang kerja Bupati Kutai Timur Ismunandar disegel oleh KPK. Ini terlihat dari kertas berperekat yang dipasang di pintu dengan tulisan “Ruangan Ini dalam Pengawasan KPK RI”. Portal masuk yang biasanya terbuka pun, ditutup semua. Mulai dari portal masuk menuju kantor Bupati Kutai Timur serta portal lainnya yang merupakan akses masuk area parkir gedung kantor.

Penyegelan juga dilakukan di rumah jabatan Bupati dan beberapa ruangan di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Diantaranya ruang kepala kantor dan ruang Kabid Perbendaharaan. Selain itu, ruang kerja Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutai Timur, juga terlihat disegel.