Bupati Mamberamo Tengah Resmikan Turnamen RHP Cup
Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, ketika menendang bola menandakan dibukanya turnamen RHP Cup (foto : jubi)

Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) resmi menggelar turnamen sepakbola RHP Cup. Pelaksanaan peresmian itu berlangsung di Lapangan Emsyk, Waena, Kota Jayapura, Jumat (7/5/21). Dengan Bupati RHP melakukan tendangan pertama menandakan bahwa RHP Cup telah resmi bergulir.

RHP Cup akan bergulir selama sebulan penuh dengan melibatkan sebanyak 40 klub sepakbola lokal. Selain itu akan ada penambahan klub dari sejumlah daerah seperti Kabupaten Puncak dan Biak Numfor.

Ham Pagawak menuturkan tujuan digelarnya turnamen tersebut dalam rangka untuk ikut menggaungkan dan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Serta alasan lainnya adalah agar bisa mencari bibit-bibit potensial pesepakbola.

“Dalam rangka menuju PON XX kita harus membuat kegiatan-kegiatan positif untuk mendukung kesuksesan event PON XX. Saya menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Jayapura yang telah mengizinkan kami menggelar kegiatan ini berjalan, meskipun kita masih dalam situasi pandemi covid-19,” ujar Ham Pagawak.

Harapan Untuk Turnamen RHP Cup

Ia berharap dengan adanya turnamen tersebut para pemain yang ikut berkontribusi menunjukan kualitas terbaiknya.

“Harapan saya di turnamen ini para pemain dapat menunjukkan kualitas di mana Tuhan memberikan kemampuan olahraga bagi kita, lebih khusus sepakbola. Mulai dari zaman Timo Kapisa, Ortizan Solossa, hingga Boaz Solossa dan lainnya, itu tidak boleh berhenti di sini, tapi mari kita bersama membina anak-anak muda Papua,” tambahnya.

Baca Juga : Bupati dan Wabup Wondama Mendapatkan Sambutan Adat Saat di Wasior

Ia juga berharap turnamen RHP Cup bisa memberikan inspirasi bagi para pemimpin untuk ikut mengembangkan olahraga Papua melalui event sebagai wadah.

“Lewat kegiatan ini saya berharap kita para intelektual dan pemimpin punya kepedulian untuk melihat dan menghadirkan prestasi bagi anak-anak muda Papua,” imbuhnya.

Pada gelaran pembukaan turnamen RHP Cup turut hadir juga Ketua Harian Panitia Besar PON Papua yaitu Yunus Wonda. Kehadirannya juga karena ia ingin memberi apresiasi atas terlaksananya turnamen tersebut.

“Kita memberikan apresiasi atas terlaksananya event ini. Kita tahu bersama banyak klub sepakbola, tapi mereka kesulitan mengukur kemampuan mereka dengan minimnya kegiatan seperti ini. Ini bisa menjadi wadah untuk menuangkan bakat mereka. Kita berharap besar, di PON mendatang anak Papua akan menjadi bintang, termasuk di tingkat daerah bahkan internasional,” kata Wonda.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, juga mengapresiasi turnamen RHP Cup. Ia bahkan menyebut jika turnamen sepakbola lokal harus terus digalakkan guna melahirkan bibit-bibit pesepakbola handal.

“Saya pikir turnamen ini sangat baik, karena sebetulnya Asprov yang harus lebih jeli lagi melihat ini. Kalau bisa, lakukan juga telescouting untuk mencari pemain-pemain muda potensial untuk memperkuat Papua pada iven-iven di masa mendatang,” kata Kogoya.