Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan Meninggal Dunia
beritapapua.id - Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan Meninggal Dunia - Tabloid Jubi

Kabar duka datang dari Papua Barat, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan dikabarkan meninggal dunia pada Senin (20/4) malam. Penyebab meninggalnya Demas diduga akibat serangan jantung.

Dilansir dari Antara, Demas Paulus meninggal sekitar pukul 21.30 WIT. Jenazah disemayamkan di Rumah Sakit Azhar Zahir TNI Angkatan Laut Manokwari. Selain itu, keterangan meninggalnya Demas juga dibenarkan oleh dokter RS Azhar Zahir TNI Angkatan Laut Irna Wulandari.

“Benar, bupati meinggal pukul 21.30 WIT,” ujar Irna kepada cnnindonesia.com, Selasa (21/4/2020).

Mengutip Kumparan.com berikut adalah kronologi meninggalnya Bupati Demas Paulus Mandacan:

  1. Sebelum meninggal dunia, Bupati Demas paulus mengikuti rapat bersama Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan disalah satu hotel di Manokwari, pada Senin (21/4), sekitar pukul 12.00 WIT.
  2. Pada pukul 21. 05 WIT almarhum ditemukan jatuh di kamar mandi, dan pada pukul 21. 10 WIT Demas Paulus dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Laut, Manokwari.
  3. Pada pukul 21. 30 WIT Bupati Manokwari Demas Paulus menghembuskan napas terakhir di rumah sakit tersebut.
  4. Tepat pukul 22.00 WIT Gubernur Papua Barat bersama pejabat lainnya mendatangi rumah sakit setelah mendengar kabar meninggalnya Ketua PDIP Papua Barat.
  5. Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Alfred Bandaso mengungkapkan almarhum dijadwalkan akan menjalani rekam jantung.

Sebelum meninggal, pada Senin pagi, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan diketahui masih sehat dan sempat menghadiri rapat koordinasi teknis (rakornis). Ia mengikuti pertemuan bersama Gubernur Papua Barat serta sejumlah Bupati se Manokwari Raya (Pegaf, Mansel, Bintuni dan Wondama). Pertemuan tersebut membahas dampak ekonomi akibat dari wabah virus corona atau Covid-19 serta kesiapan anggaran penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Bupati Kasihiw Stabilkan Ketahanan Pangan Lokal

Pernah Mengusulkan Penutupan Pelabuhan dan Bandara Manokwari Guna Mencegah Penyebaran Covid-19

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan sempat melayangkan surat terbuka kepada Gubernur Papua Barat agar bandara dan pelabuhan kapal penunmpang ditutup selama 14 hari untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Surat bernomor 443-1/39 tertanggal 24 maret tersebut sudah ditanda tangani oleh Demas dan sudah diajukan ke Gubernur Papua Barat.

“Ia benar surat itu saya yang tanda tangan dan sudah kirim kepada bapak gubernur dan sementara kita sedang menunggu kebijakannya. Apa yang kita sampaikan ini kan yang masyarakat minta,” ujar Demas kepada awak media di pelabuhan kapal laut Manokwari, Kamis (26/3/2020).

Demas menjelaskan, dalam surat tersebut ia tidak meminta semua fasilitas ditutup melainkan hanya akses kapal dan pesawat yang mengangkut penumpang saja.

“Tidak semua kita tutup hanya untuk orang saja, sedangkan untuk kapal kargo atau kapal barang tidak,” tutupnya.