Bupati Manokwari Siap Dukung Drs. Paulus Waterpauw Jadi Pejabat Gubernur Papua Barat
beritapapua.id - Bupati Manokwari, Hermus Indou. (Foto: Istimewa)

Bupati Manokwari menyampaikan, siap mendukung dan mengamankan keputusan Pemerintah/Presiden tentang penetapan dan pelantikan Komisaris Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Paulus Waterpauw sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat.

Bupati Manokwari, Hermus Indou juga menghimbau kepada seluruh masyakarat di Kabupaten Manokwari untuk menerima dan mendukung Penjabat Gubernur Papua Barat.

Selain itu, ia juga berpesan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta tidak melakukan pemalangan dan kekacauan atau tindakan anarkis pasca pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. Paulus Waterpauw.

“Kita harus bangga bahwasanya ada putra papua terbaik yang berpangkat bintang 3 (tiga) dan menduduki jabatan strategis di Kepolisian Republik Indonesia serta menduduki jabatan Eselon I di Kementerian Dalam Negeri pasca berakhirnya kepemimpinan Drs. Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani,” kata orang nomor satu di Manokwari ini, Rabu (11/05/2022) malam.

Sebagai sesama Orang Asli Papua, kata Bupati harus saling menerima dan saling menghargai satu dengan yang lain secara bermartabat di Tanah Papua.

“Karena kalau bukan kita yang saling menerima dan menghargai maka siapa lagi yang mau menghargai kita,” tuturnya.

Menjauhkan Diri Dari Isu-isu Negatif

Bupati juga menghimbau agar masyarakat menjauhkan diri dari sikap dan rasa curiga serta isu-isu negatif yang untuk mengadu domba masyarakat.

Menurutnya hal tersebut bisa terjadi lantaran adanya pihak-pihak tertentu yang sengaja ingin menciptakan kegaduhan demi kepentingan tertentu. Untuk itu ia berharap masyarakat tidak terprovokasi dengan isu-isu miring yang ada.

Baca Juga: Ribuan Massa Sampaikan 19 Poin Tuntutan Saat Menggelar Aksi Demo Damai di Wamena

“Khusus kepada masyarakat suku besar arfak, saya menghimbau agar tetap menjaga citra dan nama baik suku besar Arfak ditengah-tengah kemajemukan suku-suku yang lain serta menjaga nama baik dan citra dari kedua tokoh dan kepala suku besar Arfak yaitu Bapak Drs. Dominggus Mandacan dan Bapak Nataniel Mandacan yang telah memimpin dengan baik sebagai Gubernur dan Sekretaris Daerah di Provinsi Papua Barat selama 5 tahun ini. Mereka sudah memimpin dengan baik di Provinsi ini dengan banyak hasil pembangunan yang telah dinikmati oleh masyarakat,” pesan Bupati Hermus.

Ia berharap usai kepemimpinan Drs. Dominggus Mandacan dan Nataniel Mandacan masyarakat Papua Barat tetap mendukung penuh pemimpin yang baru.