Bupati Meruke: PON Papua Harus Sukses Meski Masih Ada Kekurangan
beritapapua.id - Bupati Merauke, Roamuns Mbaraka. (foto: istimewa)

Saat ini perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua sudah tinggal menghitung hari menuju ke acara pembuka. Seluruh kesiapan dalam menyambut pesta olahraga terbesar di Indonesia ini juga sudah hampir selesai.

Hanya masih ada sedikit kendala yang terjadi, salah satu kendala yang ada saat ini adalah masih ada kekurangan di sejumlah venue yang ada di Kabupaten Merauke.

Merauke menjadi salah satu klaster penyelenggaran PON XX, selain Kota dan Kabupaten Jayapura, serta Kabupaten Mimika. Enam cabang olahraga (cabor) akan terlaksana di Merauke, yakni wushu, gulat, catur, anggar, babak penyisihan sepak bola puteri, serta bermotor.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka juga membuka suara terkait tersebut, ia mengatakan meskipun masih ada kekurangan di sejumlah venue, namun pelaksanaan PON XX Papua di Kabupaten Merauke harus sukses.

95 Persen Venue di Merauke Telah Siap

Ia juga mengatakan bahwa 95 persen venue di Merauke juga telah siap dan bisa segera untuk digunakan dalam pelaksanaan PON XX nanti.

“Dari laporan dan peninjauan yang saya lakukan, 95 persen venue telah siap dan pelaksanaan PON XX bulan depan harus jalan,” kata Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Sempat Hilang Kontak, Pesawat Rimbun Air Jatuh di Intan Jaya

Mbraka mengatakan apapun kekurangan setiap pekerjaan tidak bisa sempurna, pasti ada kekurangan. Untuk itu menurutnya, harus tetap percaya bahwa PON XX Papua di Kabupaten Merauke bisa terlaksana dengan maksimal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mbaraka meminta kepada seluruh masyarakat mendukung pelaksanaan PON XX. Ini adalah hajatan nasional. Olehnya, semua orang tetap menjaga kedamaian.

“Merauke dikenal istana damai. Jadi harus tetap dijaga agar pelaksanaan PON XX berjalan baik dan sukses,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda, menegaskan Merauke sangat siap untuk melaksanakan enam cabor. Selain fasilitas yang menunjang untuk enam cabor, juga animo masyarakat sangat tinggi dengan pelaksaan PON bulan depan.

“Saya melihat sendiri. Pada prinsipnya Merauke sudah siap. Tinggal saja penjemputan atlet maupu official dilakukan dengan baik hingga diantar ke hotel atau wisma,” ujarnya.