Bupati Mimika Ajak Warga Vaksinasi Covid-19
beritapapua.id - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. (foto : papua60detik)

Bupati Mimika Eltinus Omaleng terus mengajak warganya, terutama masyarakat asli Papua untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19. Apalagi jika ada warga yang ingin menonton perhelatan PON XX syarat utamanya adalah harus mengantongi sertifikat vaksin.

Jika warga telah menjalani vaksinasi tersebut maka mereka nantinya bisa menonton secara langsung sejumlah pertandingan olahraga pada PON XX.

“Orang-orang yang nanti mau menonton PON XX secara langsung di stadion atau gelanggang segera vaksin dari sekarang. Kesempatan yang ada harus digunakan, mumpung lagi gratis vaksinnya,” kata Eltinus Omaleng di Timika, Selasa.

Dia mengimbau agar warga asli Papua mau mengikuti program vaksinasi Covid-19. Karena menurutnya selama ini penolakan tersebesar ini berasal dari warga-warga lokal.

Baca Juga : RSUD Jayapura Berencana Akan Memproduksi Oksigen Medis Sendiri

Padahal Pemkab Mimika telah menargetkan setengah dari populasi penduduknya yang mencapai lebih dari 300 ribu jiwa harus mendapatkan vaksinasi COVID-19. Alasannya adalah karena Mimika akan menjadi salah satu kota penyelenggara PON XX Papua bersama Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Merauke.

Selain menjadi tuan rumah PON XX, Timika sendiri akan menjadi tuan rumah penyelanggaraan kegiatan kerohanian yaitu Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII tingkat Provinsi Papua. Oleh karena itu Bupati Omaleng sangat berharap masyarakat mau untuk menjalani vaksinasi agar tidak menimbulkan klaster baru COVID-19.

Terkait dengan penyelenggaraan PON XX Papua, yang hanya tinggal menghitung hari, ia menegaskan semua kegiatan akan berjalan sesuai rencana semula.

Bupati Mimika Berharap Warga Tetap Menjaga Protokol Kesehatan

Ia berharap warga Mimika mengikuti dan menjaga protokol kesehatan agar penularan wabah pandemi COVID-19 di wilayah itu bisa semakin menurun jumlah kasus aktifnya.

“Masyarakat harus menjaga protokol kesehatan. Tanggal 19 September nanti tamu-tamu atlet, official dan kontingen dari berbagai provinsi sudah mulai berdatangan ke Timika. Mari kita menyambut mereka sebagai tuan rumah yang baik,” ujarnya.

Mimika akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan sembilan cabang olahraga dengan 12 nomor lomba pada PON XX Papua mendatang.

Cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Timika yaitu atletik untuk semua nomor, bola basket, futsal, bola tangan, biliard, panjat tebing, tarung drajat, judo, aero modeling, terbang layang dan terjun payung.