Bupati Sorong Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera Penerima BPNT
beritapapua.id - Bupati Sorong Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera Penerima BPNT - Teropong News

Bupati Sorong Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera Penerima BPNT – Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH.M.Si, memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayahnya. Setelah ssbelumnya sempat berbagi ribuan paket bahan pangan, kini giliran bantuan non tunai yang diserahkan oleh Bupati Kabupaten Sorong ini. Tepatnya pada hari senin 4 Mei 2020, bertempat di halaman Kantor Cabang BRI SP II Distrik Mariat, Bupati Johny Kamuru mendistribusikan sebanyak 4.497 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang merupakan bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Baca Juga: Pemprov Papua Tetap Tutup Bandara dan Pelabuhan

Simbolisasi Penyerahan Bantuan

Pendistribusian KKS BPNT ini, ditandai dengan penekanan tombol dan pelepasan balon ke udara oleh Bupati yang didampingi oleh Dandim 1802, Kapolres Sorong, dan Kepala BRI Cabang Aimas. Sebagai simbolisasi penyerahan bantuan, ribuan KKS itu diserahkan Bupati Johny Kamuru kepada 3 perwakilan KPM. Program BPNT merupakan program transformasi dengan tujuan dari program ini sendiri adalah memastikan bahwa bantuan menjadi tepat sasaran, tepat harga, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga tepat kualitas dan tepat administrasi. Sebenarnya program BPNT ini telah dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 2017. Program ini terus-menerus diperluas ke berbagai wilayah-wilayah yang memiliki keterbatasan infrastruktur nontunai, signal telekomunikasi dan akses geografis.

Bupati Kabupaten Sorong sendiri, memberikan apresiasi kepada Dandim 1802, dan juga Kapolres Sorong yang telah bersama-sama bersinergi untuk memberikan pertimbangan-pertimbangan yang baik sehingga Pemerintah dapat mengambil keputusan yang tepat demi membantu dan menyelamatkan masyarakatnya dari masalah dan ancaman virus corona.

Jenis Bantuan yang Diberikan

Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong Amatus Turot, S.Hut., M.Si menjelaskan, BPNT adalah bantuan pangan sosial yang disalurkan dalam bentuk non tunai, yang berupa uang elektronik dari pemerintah kepada KPM. Dalam program ini, bantuan hanya bisa dicairkan KPM di E-warung dengan menunjukkan KKS-nya. Dari BPNT yang diberikan, pemegang KKS bisa menukar dengan bahan pangan,seperti beras dan sembako. Kartu Keluarga Sejahtera ini tidak dapat di tukarkan dengan uang atau mencairkan dalam bentuk uang tunai.

Dalam kesempatan ini, Bupati Johny Kamuru mengingatkan kepada warga agar senantiasa menjaga kebersihan. Bupati juga mengatakan agar tetap menjaga jarak untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Bupati mengatakan bahwa konsekuensi dari imbauan pemerintah agar warga tidak melakukan aktivitas membuat pemerintah mengambil langkah membagikan bantuan sebagai salah satu langkah kongkrit untuk menjamin ketersediaan pangan serta kebutuhan masyarakat.

Adapun total keluarga penerima manfaat BPNT ini, pada 2019 tercatat sebanyak 5.677 KPM, dengan jumlah KKS yang sudah disistribusikan sebelumnya, sebanyak 1.270 KKS. Sedangkan KPM dari Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 2.024 KPM.