Burung Yang Menjadi Lambang Negara
beritapapua.id - Burung Garuda sebagai Lambang Negara Indonesia - Good News From Indonesia

Burung Yang Menjadi Lambang Negara – Sebuah negara kerap menggunakan sesuatu yang paling menonjol dan merefleksikan dirinya untuk digunakan sebagai lambang dan simbol resmi negara mereka. Seperti Indonesia yang menggunakan burung garuda sebagai lambang negara, banyak juga negara lain yang dengan bangga menggunakan hewan sebagai lambang.

Garuda adalah lambang negara Indonesia yang digambarkan dengan seekor burung garuda yang menoleh ke kanan dan memegang pita bertuliskan “Bineka Tunggal Ika” yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu juga”. Lambang negara ini dirancang oleh Sultan Hamid II dan diresmikan pada 11 Februari 1950 saat berlangsungnya Sidang Kabinet Indonesia Serikat. Garuda Pancasila sebagai lambang negara diatur penggunaannya di dalam Peraturan Pemerintah No 43/1958.

Baca Juga: Rampai Tanggung Jawab Karantina Wilayah Mandiri

Bukan Hanya Sekedar Lambang

Burung kekaisaran dengan dua kepala yang menghadap Timur dan Barat telah menjadi lambang resmi Rusia selama berabad-abad. “Elang adalah raja burung, seperti singa yang diyakini menguasai seluruh binatang. Ia berkaitan erat dengan kultus terhadap matahari,” kata Kepala Dewan Heraldik Rusia Georgy Vilinbakhov menjelaskan.

Negara adikuasa Amerika Serikat, memilih Bald Eagle atau Elang Botak untuk dijadikan lambang negara atau segel agungnya. Lambang ini pertama kali digunakan secara umum pada tahun 1783, sebagai segel resmi berbagai dokumen yang dikeluarkan pemerintah federal Amerika Serikat. Lambang Elang Botak Amerika Serikat menggenggam tiga belas anak panah di cakar kiri, yang melambangkan jumlah koloni awal pembentuk Amerika Serikat yaitu tiga belas.

Sejak 1 Juli 1971, bendera Papua Nugini dengan siluet Burung Cendrawasih secara resmi disetujui. Perpaduan warna yaitu merah, dan hitam, serta kuning untuk burung Cendrawasih, dipilih sebagai warna-warna yang mewakili budayanya. Tak hanya sebagai simbol terpisah, lambang Bird of Paradise atau Burung Surga Raggiana atau lebih dikenal Burung Cendrawasih, digunakan juga pada benderanya. Burung Cendrawasih dikenal karena bulu-bulu burung pejantan yang sangat panjang dan rumit di paruh, sayap, atau kepalanya. Namun, populasinya sendiri terancam punah karena habitatnya yang kian lama dirusak oleh manusia tak bertanggung jawab.

Lambang negara Meksiko adalah simbol penting bagi politik dan budaya Meksiko sejak berabad-abad lamanya. Lambang ini menggambarkan Elang emas hinggap di atas kaktus tengah memakan ular. Bagi rakyat Tenochtitlan lambang ini memiliki makna keagamaan yang dalam. Tetapi bagi warga Eropa lambang ini bermakna kemenangan kebenaran atas kejahatan. Lambang ini juga digunakan sebagai lencana Negara-negara bagian Meksiko bersatu, versi yang telah dimodifikasi menjadi lambang pemerintah federal.