Capaian Vaksinasi di Nduga Rendah, Kapolres Ungkap Beberapa Faktor Penyebabnya
beritapapua.id - Seorang warga Timika yang mendapatkan vaksinasi booster atau vaksin penguat. (Dok. Polda Papua)

Saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nduga, Papua masih sangat rendah dan jauh dari target yang ada.

Kapolres Nduga AKBP I Komang Budiartha mengatakan bahwa capaian vaksinasi di wilayah tersebut baru mencapai 2,4 persen.

“Ya, walaupun masih sangat rendah tapi kami akan terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi guna pencegahan penyebaran Covid-19. Kami terus lakukan komunikasi dan himbauan kepada masyarakat,” katanya, Senin (11/4/2022).

Dia juga menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang membuat terhambatnya capaian vaksinasi di Nduga.

Beberapa faktor di antaranya, faktor geografis, transportasi, keamanan hingga stok vaksin.
Karena menurutnya secara geografis Nduga berapa di wilayah yang cukup sulit untuk dijangkau terlebih transportasi yang tidak banyak bisa melewati wilayah tersebut.

Hal ini juga menjadi lebih lambat lagi karena wilayah Nduga menjadi salah satu kabupaten yang memiliki basis kelompok kriminal bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Egianus Kogoya.

“Di Nduga ada 32 distrik, sementara jalan penghubung tidak ada, termasuk dengan gangguan dari KKB sehingga berisiko,” kata I Komang Budiartha di Jayapura, Senin 11 April 2022.

Menurutnya, selain kendala geografis, transportasi, dan keamanan, tenaga medis menjadi faktor lain yang menyebabkan vaksinasi di Kabupaten Nduga masih rendah.

Selain faktor-faktor yang ia sebutkan di atas, sambung Komang, kendala lainnya adalah stok vaksin yang sudah habis sejak Februari 2022.

“Sudah dua bulan tidak jalan vaksinasi, karena stok habis,” ujarnya.

Minimnya Jumlah Tenaga Kesehatan

Kendala lain yang juga dihadapi adalah minimnya jumlah tenaga kesehatan karena honor mereka belum dibayar.

“Hanya Polri dan TNI saja yang gerak untuk lakukan vaksinasi (Covid-19), sementara Nakes (tenaga kesehatan) tidak ada. Mereka (tenaga kesehatan) bilang tidak honor, mereka tidak dibayarkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Kajati Papua Barat Resmikan Rumah Perdamaian di Raja Ampat

Polres Nduga, kata I Komang Budiartha, akan terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi guna pencegahan penyebaran Covid-19. Terlebih vaksinasi menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kekebalan tubuh atau (herd immunity) dalam problematika seperti pandemi saat ini.

Ia juga berharap masyarakat juga harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat agar penularan tidak terjadi di wilayah tersebut.