Cara Membuat Tengkleng Solo dan Rekomendasi Warung di Solo
Cara Membuat Tengkleng Solo dan Rekomendasi Warung di Solo

Cara Membuat Tengkleng Solo dan Rekomendasi Warung di Solo – Bagi penggemar kuliner tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tengkleng. Tengkleng adalah makanan berkuah yang berasal dari kota Solo. Makanan ini terbuat dari tulang dan jeroan kambing. Kelezatan kuah kaldu dan rempah yang bercampur dengan daging kambing menimbulkan kenikmatan yang melekat dihati banyak orang.

Dibalik itu, makanan ini memiliki cerita yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Tengkleng merupakan hasil kreativitas warga Solo saat situasi sedang sulit, yaitu pada masa penjajahan Jepang. Pada masa itu, rakyat sulit mendapatkan bahan pangan sehingga pekerja dan juru masak hanya mendapatkan bagian kepala, kaki, dan tulang kambing saja.

Kemudian rakyat menggunakan bahan seadanya untuk dikelola menjadi makanan. Namun, karena keahlian juru masak, tulang kambing disulap menjadi tengkleng yang lezat. Masakan ini akhirnya menjadi favorit banyak orang hingga saat ini.

Ada banyak warung tengkleng di Solo, berikut adalah beberapa rekomendasi warung yang dapat anda di kunjungi:

1. Tengkleng Kambing Bu Pon

Warung Tengkleng Kambing Bu Pon terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta. Di warung ini terbilang spesial karena terdapat potongan cabai di dalamnya yang akan menambah selera makan bagi pecinta pedas. Isian dalam makanan di warung ini terbilang cukup lengkap karena terdapat iga, sumsum, dan bagian kepala kambing.

2. Tengkleng Mbak Diah

Salah satu warung tengkleng yang terkenal lainnya terletak di desa Kwarasan, Grogol, Surakarta. Ada kabar bahwa warung ini merupakan langganan keluarga presiden kedua Indonesia. Selain itu, warung ini juga menyediakan sate kambing, tongseng, atau gulai.

3. Tengkleng Rica Pak Manto

Tengkleng yang satu ini memiliki rasa yang cukup pedas karena tambahan merica di setiap sajiannya. Warung ini terletak di Jalan Honggowongso No. 36, Sriwedari, Surakarta.

Namun anda dapat membuatnya dengan cara yang cukup mudah dengan cara berikut ini:

Bahan-Bahan Awal

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Mimika Akan Segera Dilakukan

  • 500 gram iga sapi
  • 800 ml air
  • 1 sdt ketumbar, 1 sdt merica
  • 1 sdt garam, 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sisir kecil gula merah
  • 1 butir kemiri, 6 cabe rawit
  • Kecap manis
  • Minyak goreng

Cara Membuat Tengkleng Solo

Baca juga: Papeda sebagai Makanan Pokok Indonesia Timur

  1. Haluskan semua bumbu dan tumis hingga harum. Kemudian tambahkan air secukupnya.
  2. Selanjutnya masukkan gula jawa, garam, dan penyedap rasa.
  3. Tambahkan kecap manis dan tunggu hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, masukkan daging kambing beserta tulang kambing. Kemudian aduk kembali hingga bumbu meresap ke dalam daging.
  5. Ketika air sudah mulai meresap, pindahkan tengkleng ke dalam piring saji.
  6. Tengkleg siap anda hidangkan.