Cara Pemakaian Toner, Memilih Dan Manfaat Menggunakan Toner
Cara Pemakaian Toner, Memilih Dan Manfaat Menggunakan Toner

Cara Pemakaian Toner, Memilih Dan Manfaat Menggunakan Toner – Bagi kaum hawa, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya toner. Toner merupakan salah satu dari rangkaian skincare yang wajib digunakan. Toner adalah salah satu produk perawatan kulit wajah yang digunakan setelah membersihkan wajah serta berfungsi untuk melembabkan kulit. Hal tersebut karena toner sangat mudah diserap kulit.

Banyak yang mengira jika toner dijadikan base skincare sebelum ke tahap skincare yang selanjutnya. Tetapi, dapat dikatakan toner juga bisa menjadi pembersih (cleanser) yang membersihkan sisa-sisa kotoran setelah membersihkan wajah. Namun, banyak yang menggunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit wajah dan juga sebagai penyegar setelah membersihkan wajah.

Manfaat Menggunakan Toner untuk Kulit Wajah:

  1. Mengencangkan kulit wajah
  2. Menjaga pori-pori wajah agar tidak membesar
  3. Menyeimbangkan pH kulit wajah
  4. Menyegarkan kulit
  5. Membersihkan kulit wajah

Cara Memilih Jenis Toner Sesuai Pemakaian Kulit:

Baca juga: National Puppy Day di Amerika Serikat

  • Kulit normal & kombinasi

Kandungan toner: Humentins & Citric Acid. Fungsiny adalah untuk melembabkan dan juga menyeimbangkan pH pada kulit.

  • Kulit berminyak

Kandungan toner: Tea Tree, Alpha Hydroxy Acid, dan Salicylic Acid. Fungsinya adalah untuk membunuh bakteri dan menjaga minyak berlebih pada wajah. Bagi pemilik kulit berminyak, sebisa mungkin menghindari toner yang memiliki kandungan alkoholnya.

  • Kulit kering

Kandungan toner: melembabkan kulit, Antioxidants, dan pre-lotion. Fungsinya adalah membantu kulit menyerap produk yang selanjutnya akan digunakan dengan baik.

Jenis Toner Sesuai Kegunaannya:

Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Komedo dan Penyebab Komedo Membandel

1. Exfoliating Toner/ Acid Toner

Adalah produk toner yang digunakan setelah membersihkan wajah. Exfoliating toner berfungsi untuk menngembalikan pH kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Toner ini mengandung AHA dan BHA yang dapat me-regenerasi kulit dengan sel-sel kulit baru sekaligus membersihkan pori-pori yang tersumbat yang akan menjadi penyebab jerawat dan komedo.

2. Hydrating Toner

Adalah produk toner yang digunakan untuk memberikat kelembaban pada kulit wajah. Hydrating toner umumnya digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Hydrating toner biasanya mengandung bahan yang melembabkan dan membuat kulit kenyal. Untuk itu, diharapkan agar jangan skip pemakaian hydrating toner untuk mencegah kulit menjadi kering.

Cara Pemakaian Toner:

Baca juga: Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah

1. Tuang toner pada kapas, lalu usapkan pada wajah.

Mengaplikasikan toner dengan menggunakan kapas tentu lebih higienis dan toner akan dengan mudah menyerap ke permukaan kulit serta kotoran yang masih tersisa akan mudah terangkat.

2. Tuang toner ke tangan, lalu usapkan toner langsung pada wajah.

Jika mengaplikasikan toner dengan tangan, toner akan terserap ke kulit dengan baik namun juga berefek pemborosan toner.

Toner dapat diaplikasikan saat wajah terasa kotor serta sebelum dan sesudah make up. Bisa dikatakan toner menjadi kebutuhan paling utama untuk membersihkan wajah. Toner akan memberikan manfaat yang maksimal apabila digunakan secara rutin.