Cegah Covid-19, KKSS Manokwari Selatan Semprot Disinfektan
beritapapua.id - Cegah Covid-19, KKSS Manokwari Selatan Semprot Disinfektan - HonaiPapua

Cegah Covid-19, KKSS Manokwari Selatan Semprot Disinfektan – Peneliti bidang kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Joddy Arya Laksmono menyatakan penyemprotan disinfektan untuk memutus penularan virus corona harus mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurutnya, kesalahan komposisi disinfektan berbahaya bagi kesehatan manusia. “Penggunaan bahan disinfektan tetap kita mengacu kepada anjuran dari WHO. Ada beberapa bahan kimia yang dapat digunakan sebagai zat aktif disinfektan,” ujar Joddy. Ia menuturkan ada sejumlah bahan aktif untuk disinfektan sebagaimana yang dianjurkan WHO, yakni etanol, dan sodium hipoklorit. Terdapat pula sejumlah bahan-bahan aktif disinfektan yang dapat digunakan.

Lebih lanjut, Joddy menjelaskan ada dua jenis penggunaan disinfektan yang perlu diketahui publik. Pertama, dia berkata disinfektan untuk membunuh bakteri atau virus pada permukaan benda, misalnya untuk APD, gagang pintu, kran air, ponsel, toilet, saklar lampu, hingga wastafel.

Baca Juga: Ketua DMI Papua Barat Imbau Pengurus Masjid Patuhi PP 21 Tahun 2020

Dampak Negatif Disinfektan Bagi Tubuh Manusia

Bila disinfektan itu disemprotkan ke tubuh manusia berulang kali, dia berkata bisa memiliki risiko medis. Misalnya penyemprotan cairan disinfektan untuk benda digunakan pada bilik disinfektan yang populer saat ini.

Dalam rangka membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Manokwari Selatan bergerak melakukan penyemprotan disinfektan di dua distrik,yakni Distrik Momiwaren dan Distrik Ransiki.

Ketua BPD KKSS Kabupaten Mansel, H.Zakir Dg Naik mengatakan, penyemprotan yang dilakukan Minggu (5/4/2020) siang hingga sore tadi, merupakan wujud kepedulian KKSS dalam menjaga daerah itu agar terbebas dari Covid-19.

“Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah kita dukung. Dan sebagai bentuk dukungan nyata, hari ini kami lakukan kegiatan sosial untuk menjaga Manokwari Selatan dari bahaya Covid-19, di mana di luar sana telah banyak menelan korban jiwa yang tidak sedikit jumlahnya. Semoga Manokwari Selatan bisa terbabas dari Covid-19,” kata H.Zakir.

Kegiatan penyemprotan tersebut, kata Ketua KKSS Mansel, masih akan dilakukan kedepan. “Kami lihat situasi, kita akan bergerak lagi. Mari kita jaga lingkugan kita masing-masing, penyemprotan juga dapat dilakukan mandiri di rumah masing-masing. Namun ini semua kembali lagi kepada kemampuan keluarga masing-masing,” ujar H.Zakir.

Tak lupa H.Zakir mengucapkan terima kasih kepada warga KKSS Mansel yang sudah terlibat, baik tenaga maupun memberikan bantuan material untuk mendukung kegiatan sosial ini. “Apa yang kita buat ini dari kita untuk kita sendiri,” imbuhya.