Cegah Omicron Masuk, Satgas Covid-19 Jayapura Perketat Pintu Masuk
beritapapua.id - Rapat koordinasi Satgas Covid-19 Papua guna membahas Penegakan Disiplin PROKES Covid-19 khususnya di area PPKM Level 4 Kota Jayapura, serta pintu masuk di Bandara sentani dan Perbatasan Negara. (foto: istimewa)

Meski pandemi Covid-19 belum hilang, namun kini Kota Jayapura tetap berada di zona hijau untuk penyebaran Covid-19.

Meski begitu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid Kota Jayapura tetap terus melakukan langkah antisipasi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena saat ini Virus Corona Varian Omicron telah masuk dan menyebar di Indonesia. Untuk itu Satgas Penanganan Covid Kota Jayapura juga terus berupaya mencegah varian baru tersebut menyebar di wilayah tersebut.

Bahkan, Kemenkes RI telah mengumumumkan satu kasus Omicron di Indonesia merupakan transmisi lokal. Total ada 47 kasus Omicron di Indonesia yang telah terdeteksi.

Berdasarkan hal itu, Satgas penangangan Covid-19 Kota Jayapura terus melakukan kewaspadaan dengan melakukan pemeriksaan ketat bagi warga yang masuk di kota Jayapura, apa lagi jelang akhir tahun 2021.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah memperketat pintu masuk ke wilayah Kota Jayapura.

“Pembatan arus masuk yang ketat kami lakukan, terutama di pelabuhan,” ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, Selasa (28/12/2021).

Ia pun menyarankan Pemerintah Provinsi Papua melakukan pembatasan dengan pemeriksaan ketat penumpang yang masuk ke Papua. Dengan langkah tersebut menurutnya penyebaran virus varian baru tersebut bisa di antispasi dengan lebih cepat.

“Jadi ini penting untuk mencegah penyebaran vaksin di Kota Jayapura,” katanya.

Waspada Penyebaran Varian Omicron

Hal senada disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Kota Jayapura yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari.

Menurutnya, warga kota harus tetap waspada terhadap penyebaran varian omicron di Kota Jayapura.

Baca Juga: Yayasan Sadar Informasi Bersosialisasi Migasi Bencana di Pegunungan Arfak

Kota Jayapura kata dia, sangat rentan untuk penyebaran varian omicron.

Hal ini bukan tanpa alasan, Kota Jayapura merupakan daerah tujuan dari berbagai kota lainnya di Indonesia.

“Kami tugaskan 10 tenaga kesehatan di Pelabuhan Jayapura untuk mencegah penyebaran melalui orang yang masuk,” ucapnya.

Sementara, hingga kinu pihaknya pun terus melakukan vaksinasi di Kota Jayapura yang bekerjasama dengan beberapa pihak.

“Vaksin pertama sudah 76 persen dan kedua sudah 54 persen. Semua warga harus waspada,” tegasnya.