Cegah Penyebaran Omicron, Pemkot Jayapura Perketat Jalur Masuk
beritapapua.id - Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru. (Foto: Istimewa)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua, mengimbau warga agar tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Terlebih saat ini juga sudah terdapat beberapa kasus aktif jenis Omicron di Indonesia.

“Jangan sampai kita lengah. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, jauhi kerumunan, kurangi aktivitas di luar rumah ada kunci melawan pandemi Covid-19 ini,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, di Taman Imbi, Senin (24/1/2022).

Rustan mengatakan sejak awal Januari 2022, kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat menyusul merebaknya varian Omicron. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, kasus harian Omicron melampaui 1.000 yang terpapar.

“Jangan sampai terjadi lonjakan kasus Covid-19 lagi di Kota Jayapura, seperti pada Maret 2020. Kita harus waspada, karena ini demi kebaikan kita semua agar aktivitas kembali normal, aktivitas ekonomi tidak terhambat” ujar Rustan.

Rustan mengungkapkan untuk mencegah adanya penularan varian Omicron di wilayah itu, pihaknya akan terus memperketat jalur masuk ke wilayah tersebut. Selain itu, pemkot Jayapura juga akan bekerjasama dengan instansi terkait dalam memperketat jalur masuk.

“Saya berharap kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga Omicron ini, tidak mewabah di Kota Jayapura. Saat ini kita berada di zona hijau Covid-19, saya berharap tidak kembali berada di zona merah merah atau orange,” ujarnya.

Pengawasan Protokol Kesehatan di Masyarakat

Rustan menembahkan, tetap menegaskan pengawasan protokol kesehatan di masyarakat, dan melakukan langkah-langkah pencegahan dengan membagikan masker, hand sanitizer, serta edukasi agar warga taat dan disiplin di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari menegaskan, varian Omicron di ibukota Provinsi Papua belum terdeteksi sejak kasusnya mewabah.

Baca Juga: Percepat Pembangunan Runway Rendani, Pemkab Manokwari Lanjutkan Pembersihan Lahan Tahap 2

“Kami sudah tanya ke Litbangkes Jayapura dan Litbangkes Jakarta, belum ada varian Omicron di Papua khususnya di Kota Jayapura. Semoga tidak ada, dan kita tetap meningkatkan kewaspadaan serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Antari.

Antari berharap warga memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap dalam mencegah pandemi Covid-19 semakin mewabah di Kota Jayapura, demi kebaikan dan kesehatan serta meningkatkan perekonomian.