China dan AS Klaim Sudah Menemukan Vaksin Covid-19
beritapapua.id - China dan AS Klaim Sudah Menemukan Vaksin Covid-19

China dan AS Klaim Sudah Menemukan Vaksin Covid-19 – Di tengah-tengah kekhawatiran masyarakat dunia akan merebaknya virus corona (Covid-19) ini, muncul kabar baik yang datang dari Amerika Serikat dan China. Ya, kedua negara ini mengklaim telah menemukan dan sedang mengembangkan vaksin untuk Covid-19.

Di Amerika Serikat uji coba pertama vaksin virus Corona pada manusia telah dimulai di Seattle, Amerika Serikat. Terhitung ada 45 orang yang menjadi relawan untuk uji coba vaksin tersebut. Kendati uji coba telah dilakukan namun diketahui masih dibutuhkan waktu lama sekitar satu tahun hingga 18 bulan ke depan sebelum vaksin tersebut bisa tersedia untuk umum setelah fase uji coba membuktikan vaksin tersebut bekerja dengan baik dan aman bagi manusia.

Baca Juga: BPJS untuk Corona Masih Terkendala Aturan

Vaksin mRNA-1273

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (19/3/2020), vaksin ini diberi nama mRNA-1273 dan dikembangkan oleh para ilmuwan dan kolaborator National Institutes of Health (NIH) AS di perusahaan bioteknologi Moderna, yang berbasis di Cambridge, Massachusetts.

Selain Amerika Serikat, China justru mengklaim telah menemukan vaksin yang tepat untuk menyembuhkan virus ini. Vaksin tersebut ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh Akademi Epidemiologi yang dipimpin ilmuwan bernama Chen Wei. Hal itu diungkapkan duta besar China untuk Riyadh, Chen Weiqing, Rabu 18 Maret 2020.

Chen menuturkan, vaksin yang ditemukan dipastikan sudah sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan internasional. Hal itu cukup menggembirakan, karena setelah diuji kepada manusia, vaksin obat corona akan dapat diproduksi secara massal.

Dikembangkan oleh CanSino dan Akademi Ilmu Kedokteran Militer, vaksin ini adalah yang terdepan dari sembilan vaksin yang dikembangkan oleh Tiongkok. Semua sedang dalam proses menyelesaikan studi uji praklinis dan akan memasuki uji klinis pada bulan April, dengan beberapa diharapkan untuk selesai lebih cepat daripada yang lain, menurut Wang Junzhi, seorang ahli kontrol kualitas produk biologi dan akademisi Chinese Academy of Sciences.

Penemuan vaksin ini juga dikonfirmasi oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok untuk Bali, Guo Haodong. Ia menjelaskan bahwa pemerintahnya telah melakukan uji coba vaksin virus Corona (Covid-19) kepada manusia dan akan segera mendistribusikan vaksin tersebut untuk meredakan wabah virus yang tengah menjadi pandemi di dunia.

“Pemerintah Tiongkok sudah melakukan uji coba vaksin di tubuh manusia. Jika sudah selesai bisa secepatnya didistribusikan dan bisa cepat meredakan wabah ini. Kami sangat percaya bahwa ke depan kita bisa kendalikan¬†virus corona¬†ini,” ujar Haodong usai bertemu Gubernur Bali, Rabu (18/3/2020).

Kabar penemuan vaksin ini memang sangat mengejutkan sekaligus menggembirakan. Mengingat pada saat ini kondisi penyebaran virus corona semakin tak terkendali. Berdasarkan data terakhir yang diambil dari Worldometers.com teradapat 225,628 kasus orang positif virus corona dengan 9,277 orang meninggal dunia dan 85,831 orang berhasil disembuhkan.