Cita Rasa Olahan Camilan Khas Papua
beritapapua.id - Cita Rasa Olahan Camilan Khas Papua - Medium

Cita Rasa Olahan Camilan Khas Papua – Papua memang tidak hanya terkenal akan kekayaan alam dan keanekaragaman budaya yang melimpah. Kuliner Papua juga ternyata tidak kalah dengan berbagai olahan kuliner populer yang kekinian saat ini. Mulai dari cita rasa yang lezat dan memanjakan lidah. Wilayah Papua juga menyimpan aneka olahan kuliner dengan segudang cita rasa menarik yang akan memanjakan lidah para menikmatnya.

Baca Juga: Gubernur Papua Akhirnya Pulang Setelah 3 Bulan Dirawat

Olahan Camilan Khas Papua

Sagu Lempeng

Sagu Lempeng
beritapapua.id – Sagu Lempeng – Fimela

Sagu yang merupakan makanan pokok ini, dapat diolah menjadi beberapa makanan, salah satunya sagu lempeng yang diolah dengan cara dibakar. Olahan sagu yang satu ini berbentuk lempengan-lempengan yang merupakan konsumsi keluarga dan biasanya langsung dimakan setelah dimasak. Rasa awal cenderung tawar, namun sekarang sudah mulai bervariasi dengan gula untuk mendapatkan cita rasa manis. Teksturnya keras dan bisa dinikmati dengan dicampur atau dicelupkan ke air supaya lebih lunak. Camilan ini biasanya dinikmati bersamaan dengan teh atau kopi.

Kue Lontar

Kue Lontar
beritapapua.id – Kue Lontar – Fimela

Salah satu kudapan khas Papua terkenal yaitu kue lontar. Penamaan kue lontar konon berasal dari bahasan Belanda londtart atau kue bundar. Bentuknya mirip dengan pie susu yang memiliki kulit renyah di luar dengan isian lembut di dalam. Rasanya juga manis yang pastinya akan membuat ketagihan bagi para pecinta kue ketagihan karena cita rasanya. Di Papua sendiri makanan ini kerap kali dijajahkan sebagai oleh-oleh Khas Papua.

Keripik Keladi

Keripik Keladi
beritapapua.id – Keripik Keladi – Nyari Bisnis

Keripik keladi adalah makanan khas Papua tepatnya dari Kota Sorong. Terbuat dari campuran keladi atau talas dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, cabai rawit, yang kemudian digoreng. Keripik ini memiliki perpaduan rasa pedas dan manis, cocok untuk camilan sehari-hari.

Abon gulung

Cita Rasa Olahan Camilan Khas Papua
beritapapua.id – Abon Gulung – Cookpad GL Foodies

Merupakan oleh-oleh yang populer jika berkunjung ke Papua. Makanan ini tersedia dengan aneka varian rasa. Biasa dikenal dengan sebutan Roti abon, makanan ini dapat dengan mudah ditemui di Papua Barat dan Papua. Terbuat dari roti gulung dengan isi abon dengan taburan wijen, potongan daging serta daun bawang diatasnya. Roti abon gulung ini terkenal dari mulut ke mulut wisatawan yang membeli produk oleh-oleh makanan lain di Papua.

Martabak Sagu

Cita Rasa Olahan Camilan Khas Papua
beritapapua.id – Martabak Sagu – GoTravelly

Varian olahan dari bahan sagu lainnya adalah martabak sagu. Makanan khas dari Kabupaten Fakfak ini diolah dari sagu yang sudah dihaluskan kemudian digoreng dan diberi gula aren atau gula merah.