Covid-19 Kembali Naik, Persipura Terancam Batal Ikut Piala AFC
beritapapua.id - Latihan pemain Persipura (foto : @persipurapapua1963)

Persipura Jayapura, Papua, terancam batal ikut serta di Piala AFC karena Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sendiri sampai saat ini belum mendapatkan kejelasan negara mana saja yang bersedia menjadi tuan rumah.

Piala AFC rencananya akan berlangsung pada 29 Juni ini, namun sejumlah tuan rumah seperti Singapura memutuskan mundur karena mempertimbangkan kondisi keamanan di tengah pandemi Covid-19 yang kembali meningkat.

Sejauh ini Piala AFC rencanannya akan berlangsung dan lakukan pertandingan di tempat netral dengan format bubble (gelembung) atau sentralisasi.

Pihak AFC melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Datuk Windsor John seperti dikutip dari News Straits Times, Senin (21/6/21) menyampaikan pembatalan Piala AFC 2021 bisa saja diputuskan jika tak ada negara yang bersedia menjadi tuan rumah.

Kata John, pihaknya akan segera mengambil keputusan setidaknya hingga pekan depan.

“Belum ada tuan rumah dari tim yang berpartisipasi dan juga tidak ada tempat netral yang tersedia. Kami telah meminta komite untuk membuat keputusan dalam minggu depan. Pembatalan akan menjadi opsi terakhir,” ujarnya.

Kabar tak sedap itu tentu saja tidak hanya menjadi ancaman bagi tim berjulukan Mutiara Hitam, tapi juga klub Bali United.

Pasalnya, kedua tim yang akan mewakili Indonesia itu sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan dan menggelar pemusatan latihan (TC) secara intens.

Persipura Masih Menunggu Kepastian Pihak AFC

Manajer Persipura, Arvydas Ridwan Madubun mengatakan pihaknya juga masih menunggu kepastian dari AFC terkait situasi ini pasca mundurnya Singapura sebagai tuan rumah Grup H.

“Kita masih menunggu kejelasan ataupun informasi yang pasti dari AFC terkait itu. Saat ini tim sudah berada di Malang menjalani persiapan lagi usai ujicoba di Jakarta,” kata Bento.

Baca Juga : Tunggu Kepastian Dari Piala AFC, Persipura Pilih Kembali ke Malang

Sementara itu, pelatih Persipura, Jacksen Tiago juga mengaku belum mendapatkan kabar tentang kejelasan Piala AFC. Ia pun masih tetap fokus memberikan asupan program latihan bagi anak asuhnya.

“Sampai saat ini belum ada kejelasan dari AFC negara mana yang akan menjadi tuan rumah. Tapi tim kita saat ini tetap fokus menjalani persiapan di Batu, Malang,” ujar Jacksen.

Skuad Persipura memutuskan kembali ke Batu, Malang usai menjalani laga ujicoba dengan Persita Tangerang yang berakhir ricuh. Mereka juga membatalkan ujicoba kontra PSS Sleman.