Covid-19 Varian Omicron Tembus 1.078 Kasus
beritapapua.id - Ilustrasi vaksinasi anak. (Foto: Antara)

Kamis (20/1/2022), total kasus penularan Covid-19 varian Omicron mencapai 1.078. Dilaporkan dari kementrian kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 756 merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN).

Adapun sebelumnya pada Rabu (19/1/2022), kasus Omicron di Indonesia tercatat 882. Dari jumlah tersebut, tercatat 649 perjalanan dari luar negeri dan 174 kasus merupakan transmisi lokal serta 59 masih pemeriksaan epidemiolog.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menambahkan, naiknya kasus positif Covid-19 disebabkan dari dua sumber, yaitu transmisi lokal dan pelaku perjalanan luar negeri. Saat ini, kasus positif Covid-19 lebih banyak berasal dari transmisi lokal dibandingkan pelaku perjalanan dari luar negeri.

Baca Juga: Wanita Pakistan Divonis Gantung Atas Penistaan Agama

“Bahkan per tanggal 15 Januari 2022, (sebanyak) 63 persen kasus positif merupakan transmisi lokal, sedangkan untuk data pelaku perjalanan luar negeri menunjukkan peningkatanā€¯.

Selain itu, Kemenkes melaporkan, 5 negara penyumbang kasus Omicron terbanyak di Indonesia yaitu Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, Malaysia dan Uni Emirat Arab.