Daftar PIP Kemendikbud 2022 dan Dapatkan Bantuan Rp2.2 Juta
beritapapua.id - Sejumlah siswa menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk mengambil bantuan pendidikan dalam Program Indonesia Pintar (PIP) di Pendopo Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto: Antara)

Program Indonesia Pintar atau PIP merupakan bantuan untuk pendidikan. Peserta didik nantinya akan mendapatkan dana bantuan yang manfaatnya harus digunakan untuk keperluan yang relevan. Program pemerintah ini hadir dengan tujuan agar peserta didik dapat terus belajar dan bersekolah (tidak putus sekolah) dengan rajin, disiplin dan tekun.

Untuk anda yang tertarik mendaftarkan diri dalam PIP, anda dapat mengakses pip.kemdikbud.go.id secara online. Dengan mendaftarkan diri, anda berkesempatan mendapat bantuan dana dengan total Rp2.2 juta.

Program Indonesia Pintar Kemdikbud 2022 ini untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Bantuan ini khusus untuk siswa SD, SMP, SMA yang berasal dari masyarakat dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu, seperti pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), bansos PKH, yatim piatu, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam atau musibah. Untuk mendapatkan PIP Kemdikbud 2022 ini, Anda harus terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Baca Juga: Perusahaan Raksasa Dunia Berencana Berhenti Beli Minyak Rusia

Dana bantuan dari PIP Kemdikbud ini telah [dicairkan] oleh pemerintah kepada 17.927.308 peserta didik atau siswa SD, SMP, dan SMA yang berasal dari masyarakat dengan kondisi ekonomi kurang mampu. Total besaran PIP Kemdikbud 2022 se-Indonesia untuk siswa SD, SMP, dan SMA mencapai Rp9 triliun.

Besaran bantuan Program Indonesia Pintar Kemdikbud 2022

  1. SD atau sederajat sebesar Rp450.000
  2. SMP atau sederajat sebesar Rp750.000
  3. SMA atau sederajat sebesar Rp1 juta.

Cara cek daftar penerima Program Indonesia Pintar Kemdikbud 2022

  1. Akses situs pip.kemdikbud.go.id melalui web browser pada perangkat pintar anda.
  2. Masukan data yang diperlukan dalam kolom form pengecekan data, seperti Nomor Induk Siswa Nasional atau [NISN], tanggal lahir, dan nama ibu kandung.
  3. Klik ikon “Cari”.

Jika anda tidak memiliki KIP, calon murid penerima PIP Kemdikbud 2022 bisa mendaftar dengan menggunakan KKS dan kemudian mengajukan pendaftaran ke lembaga pendidikan.

Jika siswa tersebut tidak juga memiliki KKS, maka orang tua siswa harus dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT atau RW dan Kelurahan atau Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.