Danau Cinta Di Atas Bukit Sentani
beritapapua.id - Danau Cinta Di Atas Bukit Sentani - Shutterstock

Danau Cinta Di Atas Bukit Sentani – Daratan Papua memiliki banyak keindahan alam yang tersembunyi dan patut dikunjungi. Setelah sebelumnya terdapat pasir putih atas bukit yang berada di Wamena, kali ini ada Danau Cinta atau Telaga Cinta yang berada di Bukit Sentani. Danau Cinta, tentunya diberikan nama “cinta” karena bentuk dari danau tersebut yang seperti hati.

Danau Cinta berada di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura yang berbatasan dengan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Untuk menuju ke Danau Love atau Telaga Cinta ini, dari Bandara Sentani perjalanan bisa di tempuh sekitar 1 jam atau lebih.

Danau Cinta atau Telaga Cinta tersebut memiliki nama lain yang lebih dikenal oleh penduduk setempat, yakni Danau atau Telaga Imfote. Namun, baik menggunakan nama Danau Cinta ataupun Danau Imfote, hal yang pasti adalah danau tersebut menyajikan keindahan yang memanjakan mata dan tentunya ingin berlama-lama di sana.

Baca Juga: Claus Wamafma, Orang Papua Pertama Menjadi Direktur Freeport

Perjalanan Menuju Telaga Cinta

Untuk menuju ke Danau Love atau Telaga Cinta ini, dari Bandara Sentani perjalanan bisa di tempuh sekitar 1 jam. Sobat Pesona bisa menggunakan transportasi melalui air dan darat. Jika ingin melalui jalur air, Sobat Pesona bisa menggunakan perahu atau speedboat dari pelabuhan Yahim yang berada di belakang Bandara Sentani ke pelabuhan Kawi di desa Putaly.

Sementara jika melalui jalur darat, perjalanan menuju ke Danau Love bisa di tempuh dengan roda dua atau dengan roda empat. Selain jalurnya yang berkelok-kelok, sayangnya sinyal dari operator tidak sampai ke kawasan Danau Love. Di sebelah kanan jalan, kita bisa sambil menikmati indahnya hamparan biru Danau Sentani dengan pohon sagu di tepiannya. Sementara di sebelah kiri jalan terdapat hutan lebat Abepura.

Tak hanya Danau Love atau Telaga Cinta, sekitar 5 kilometer dari kawasan ini juga terdapat objek wisata lain. Salah satunya Sungai Jaipuri, satu-satunya arus yang menyalurkan air Danau Sentani ke Sungai Tami sebelum dibuang ke laut. Jika ingin menikmati keindahan di kawasan Jaipuri lebih lama lagi, tersedia beberapa penginapan yang bisa disewa. Butuh waktu sekitar satu setengah jam dari sungai untuk bisa sampai di Danau Cinta.

Panorama Danau Love semakin terlihat indah dengan latar belakang keindahan Danau Sentani yang begitu luas dan ketinggian Gunung Cyclop yang berfungsi sebagai sumber air bagi warga Kabupaten dan kota Jayapura.