Danau Sentani
Danau Sentani Wisata Alam Tersembunyi Milik Papua

Tempat wisata alam yang bakal kita bahas kali ini adalah Danau Sentani. Jenuh sama kebisingan kota? Belum ada rencana next holiday mau kemana?. Wahai manusia-manusia pecinta rebahan, daripada bosan di rumah nggak ada rencana pergi kemana-mana, ada salah satu tempat wisata alam yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Berada di provinsi yang punya semboyan “Karya Swadaya”, dimana lagi kalo bukan Papua. Papua memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang amazing, nggak cuma Raja Ampat aja. Raja Ampat kan sudah banyak ya orang tau, yang satu ini kayanya masih belum terlalu familiar deh di telinga orang banyak.

Mendengar kata danau, apa yang kalian bayangkan?. Kalau kalian membayangkan suatu tempat yang damai dan benar-benar enak buat refreshing, bayangan kalian tepat sekali. Sesuai sama arti dari nama Sentani yakni “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama itu pertama kali disebut tahun 1898 oleh seorang pendeta Kristen BL Bin waktu beliau sedang misionaris di wilayah danau ini . Jadi, kalo kalian menginjakkan kaki di Danau Sentani, kalian bakal disuguhkan pemandangan yang bikin mata jadi seger banget. Udara disana juga masih sejuk, bisa bikin paru-paru kalian jadi lebih smile.

Kenapa Danau Sentani ?

Salah satu alasan kenapa danau ini dikelola jadi tempat wisata itu karena, jaraknya yang tergolong gampang dijangkau dari Kota Jayapura, yaitu hanya 50 km. Di sekeliling danau juga ada 21 buah pulau yang ikut mempercantik penampakkan objek wisata ini. Kalau kalian datang kesini nggak cuma bakal liat kubangan air jumbo aja kok. Kalian juga bisa naik perahu buat keliling danau biar bisa lebih menikmati vibes-nya. Duh, ngetiknya aja udah kebayang gimana rasanya ada disana. Hahaha.

Baca juga: Mengenal Kota Fakfak, Papua Barat

Kalau mau ke objek wisata yang satu ini tuh ya, makin asyik lagi jika datangnya pas pertengahan bulan Juni. Soalnya akan ada yang namanya Festival Danau Sentani. Festival ini udah ditetapkan sebagai festival tahunan sekaligus jadi agenda di kalender pariwisata utama. Di festival ini kalian bakal dikasih tontonan yang menarik banget, ada tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat, dan yang bikin makin ngiler lagi ada sajian berbagai kuliner khas Papua.

Gimana? Mulai tertarik buat dateng kesana? Yuklah sempatkan waktu buat singgah sebentar di pulau tetangga. Apalagi Papua banyak banget tempat menarik yang bisa dikunjungi. Nggak kalah keren kok sama objek wisata lain. Banggalah menjadi bagian dari Indonesia!.