Dataran Isim
Beritapapua.id - Dataran Isim Manokwari Selatan Memiliki Pasar Rakyat

Dataran Isim Manokwari Selatan Memiliki Pasar Rakyat – Kegiatan perekonomian yang terjadi di pasar pada umumnya berdasarkan persaingan bebas antara pembeli maupun penjual. Penjual atau produsen memiliki kebebasan untuk memproduksi, menjual ataupun mendistribusikan barang maupun jasa. Demikian halnya dengan pembeli yang juga memiliki kebebasan untuk membeli atau memilih suatu barang dan jasa sesuai dengan kemampuan daya belinya.

Manfaat Pasar Bagi Masyarakat Manokwari Selatan

Pasar Rakyat
Beritapapua.id – Ilustrasi pasar rakyat

Peran pasar kemudian menjadi sangat penting dalam sebuah tatanan masyarakat. Bagi produsen, konsumen, dan masyarakat sekitar guna menunjang sebuah relasi antar sesama masyarakat yang terlibat maupun pemerintah.

Pasar yang dibangun tahun anggaran 2019 lalu di Distrik Dataran Isim telah rampung 100 persen. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Manokwari Selatan Syahrial mengatakan, pasar rakyat ini dilengkapi tiga ruangan yang disediakan untuk kios.

Baca juga: Misionaris Jerman Awal Kota Peradaban di Papua

Kegiatan jual beli di pasar membutuhkan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang tidak sedikit. Banyak orang yang menjadikan pasar sebagai tempat mereka mencari uang. Sehingga, semakin luas pasar maka kebutuhan akan tenaga kerja juga akan semakin bertambah. Pasar juga berperan dalam mengurangi jumlah pengangguran, membuka lapangan kerja baru, serta memanfaatkan sumber daya manusia yang ada.

Menurutnya, sesuai hasil monitoring di lapangan di Dataran Isim banyak pelaku usaha kecil yang bolak balik menggunakan kendaraan. Salah satunya motor maupun mobil untuk berjualan ke Dataran Isim. “Mereka ini nantinya bisa kita ajak untuk mengembangkan usaha di pasar yang kita bangun ini,” ungkap Syahrial saat ditemui di kantor bupati.

Pada kesempatan itu, Syahrial juga memastikan bahwa pembangunan gedung pasar senilai kurang lebih Rp 900 juta. Dana tersebut bersumber dari dana Otsus ini pekerjaannya sudah rampung dan dalam waktu dekat akan diresmikan.

“Kami juga sudah monitoring dan pekerjaannya sudah selesai 100 persen, pembayaran kepada pihak kontraktor yang mengerjakan juga sudah kita tuntaskan, saya akan segera melaporkan kepada bapak bupati sekaligus berkoordinasi mengenai waktu peresmian,” tuntasnya.