Delapan Jurnalis Sibil Mandala Papua Ikut Pelatihan Menulis Berita
beritapapua.id - Suasana pembukaan kegiatan pelatihan jurnalis. (Foto: Lintas Papua)

Komisaris Utama Sibil Mandala Papua, Kris B. Uropmabin Menghadiri kegiatan Pelatihan Jurnalis di Hotel Galaxy Waena Kota Jayapura di Jayapura, Kamis (07/04/2022). Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung tujuh hari kedepan di Jayapura.

Kegiatan pelatihan ini juga menghadirkan dua Narasumber Profesional dan berpengalaman asal Papua. Dua narasumber tersebut adalah Lamek Rumkabu Produser Senior Berita TVRI Papua dan Eveerth, Pimpinan Media Lintas Papua

Komisaris Utama Sibil Mandala Papua, Kris B. Uropmabin dalam sambutannya mengatakan, Sibil Mandala Papua merupakan salah satu perusahaan media baru. Meski masih baru perusahan tersebut membawahi empat media lokal yakni Siwarweng.com, Ok News, Mandala Papua dan Alwem Papua.

“informasi yang bergerak cepat, sehingga kita mempersiapkan sumber daya manusia khususnya wartawan pemula asli Kabupaten Pegunungan Bintang,” ujar Krisnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini penting bagi wartawan pemula Sibil Mandala Papua. Karena menurutnya dengan kegiatan ini para wartawan tersebut akan mengetahui dasar-dasar jurnalistik. Dengan begitu nantinya mereka bisa dapat berkontribusi penuh dalam menjalankan tugasnya untuk membangun Kabupaten Pegunungan Bintang.

Apresiasi Dari Produser senior Berita TVRI Papua Kepada Peserta Pelatihan

Sementara itu, Produser senior Berita TVRI Papua, Lamek Rumkabu peserta pelatihan jurnalis yang ikut mendengarkan materi secara baik.

“Saya memberikan apresiasi terutama kepada adik-adik 8 jurnalis pemula yang punya niat untuk belajar banyak tentang jurnalistik sebab realita saat ini tidak banyak orang yang ingin menjadi jurnalistik, entahkenapa saya pun tidak tahu,” katanya.

Baca Juga: KKB Kembali Berulah, Rumah Warga di Kabupaten Puncak Dibakar

Selanjutnya ia juga memperikan apresiasi kepada perusahaan media sibil Mandala Papua yang turut menyiapkan SDM dengan merekrut 8 orang jurnalis lokall yang nantinya mengambil bagian penuh dalam perjalanan pembangunan pegunungan bintang.

Sementara itu,salah satu Wartawan senior Pimpinan Media Lintas Papua, Eveert berharap para jurnalis pemula lokal yang turut mengambil bagian hari ini, agar biasa mengikuti dengan baik sehingga nantinya biasa menjadi wartawan yang mampu bertanggung jawab dalam penulis berita yang handal sesuai kode etik jurnalis.

“Kami berharap dengan adanya materi yang diberikan dapat membangun semangat baru bagi adik – adik yang mau belajar menjadi jrunalis, tentunya akan kami kawla sellau hingga bisa menulis dengan baik,” harapnya.

Sibil Mandala Papua sendiri merupakan salah satu perusahaan media baru yang didirikan sejak 2019 hingga saat ini turut berkontribusi dalam perjalan pembangunan kabupaten pegunungan Bintang.