Dibawah Pusdatin Kemendikbud,
beritapapua.id - Ilustrasi tim bayangan. (Foto: Adobe Stock)

Sebelumnya, viral video Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang menyebutkan sebuah kata “Shadow Organization” di sebuah forum internasional.

Video tersebut diunggah oleh akun dengan username @ShamsiAli2 yang mengatakan “Di Kementrian pendidikan ada shadow organization (organisasi bayangan) yang nampaknya menentukan segalanya. Apa organisasi itu? And who really the people in control? Kenapa harus ada organisasi shadow.. lalu Kementrian dan jajarannya jadi apa?”.

Dalam unggahan video tersebut, Nadiem mengatakan bahwa tim tersebut bukan merupakan vendor untuk Kementerian, melainkan memiliki posisi yang sejajar dengan Direktur Jenderal.

Sementara itu, Kepala Pusdatin Kemendikbud Ristek Hasan Chabibie menambahkan bahwa tim teknologi tersebut terdiri dari para ahli yang bertugas mengembangkan beragam platform.

“Tim teknologi yang [disebutkan] Mas Menteri ini adalah para ahli di bidang teknologi, data, dan aplikasi yang terlibat dalam merancang dan mengembangkan berbagai platform teknologi untuk sektor pendidikan,” ujarnya terpisah, Minggu (25/9/2022).

Shadow Organization Berkolabora Intensif Dengan Pusdatin

Imbuhnya, tim tersebut berkolaborasi intensif dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek serta unit-unit teknis terkait. Adapun tim tersebut berasal dari GovTech Edu yang berada di bawah PT Telkom Indonesia.

Kolaborasi antara tim tersebut dengan jajaran Kemendikbud ini terjadi dalam pelaksanaan riset, pematangan konsep, pengembangan produk teknologi dan optimalisasi pemanfaatan layanan digital tersebut.

Baca Juga: Pengacara Lukas Enembe: Tidak Ada Rekayasa Penyakit Terhadap Gubernur

Transformasi digital yang [dilakukan] secara kolaboratif itu memberikan dampak yang dapat di rasakan langsung oleh berbagai pihak, seperti lebih dari 1,6 juta guru telah menggunakan Platform Merdeka Mengajar.

Kemudian, terbentuknya lebih dari 3.500 komunitas belajar para guru dan terkumpulnya lebih dari 55 ribu konten belajar mandiri.