Dikabarkan Sakit, Raja Salman akan Segera Turun Tahta?
beritapapua.id - Dikabarkan Sakit, Raja Salman akan Segera Turun Tahta? - Berita Dunia

Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz kini dirawat di rumah sakit King Faisal di ibu kota Riyadh sebagaimana diberitakan sejumlah media Timur Tengah, Senin 20/7/2020. Raja berusia 91 tahun ini menderita peradangan kantung empedu, namun sayangnya tak ada detil soal kondisinya. Hal ini menimbulkan banyak spekulasi, termasuk apakah beliau akan segera turun tahta, tetapi isu itu dibantah Arab Saudi.

Meski dibantah kerajaan, Saudi memang sudah memiliki putra mahkota. Ia adalah Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS. Pria yang baru berusia 34 tahun itu secara de facto, sebenarnya memang sudah berkuasa di Saudi sejak ditunjuk tahun 2017 lalu.

Ayah dari empat anak ini berhasil memimpin beberapa reformasi. Seperti peraturan yang membatasi kekuasaan polisi agama, penghapusan larangan terhadap pengemudi perempuan pada 2018, dan melemahkan sistem wali laki-laki pada 2019.

Selain itu MBS juga memegang beberapa posisi penting di kerajaan Arab Saudi. Ia menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri, di mana gelar perdana menteri dipegang oleh Raja Salman. Ia juga menjadi Menteri Pertahanan termuda dan Ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan.

Baca Juga: Ganti Dumbbell dengan Tas Mewah, Intip Olahraga ala Paris Hilton

Kenali Lebih Dekat Sosok Pangeran Mohammed bin Salman

Pangeran Mohammed bin Salman adalah putra dari Raja Salman dan istri ketiganya, Fahda bin Falah, lahir pada 1985. MBS adalah sarjana hukum dari Universitas King Saud, universitas tertua di Arab Saudi. Setelah lulus, dia bekerja di sejumlah kantor pemerintahan sebelum ditunjuk sebagai penasihat khusus ayahnya pada 2009, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Riyadh.

Di bawah kepempimpinannya, Arab Saudi memasuki babak baru yakni perempuan dibolehkan menyetir mobil, bioskop dibuka, ekonomi nonminyak dikembangkan. Namun ia juga dikenal tak segan memenjarakan pembangkang, dan dicurigai mengetahui pembunuhan wartawan senior Jamal Khashoggi yang kritis terhadapnya.

Dilansir dari New York Times, MBS diketahui memiliki chateau (rumah bergaya keluarga bangsawan khas Prancis) senilai US$300 juta (Rp4,5 triliun). Berlokasi di Louveciennes, Prancis. Disebut Fortune sebagai salah satu rumah paling mahal di dunia.

Kapal yacht mewah seharga USD 500 juta (Rp7,5 triliun). Bahkan ia sempat dikabarkan membeli lukisan Salvator Mundi karya Leondardo da Vinci, walau ada pula yang menyebut lukisan itu dibeli Pangeran Badr yang masih dekat dan sebaya dengan Pangeran MBS.

Di balik sepak terjang dan kontroversinya tersebut, MBS memiliki perhatian khusus terhadap bangunan bersejarah. Dikabarkan ia akan melakukan renovasi sekitar 30 masjid bersejarah. Proyek ini akan menghabiskan dana sekitar USD 13 juta atau sekitar Rp182 miliar (dengan kurs USD 1= Rp14.000).