Dinkes Papua Menggelar Vaksinasi di Tiga Tempat Berbeda
beritapapua.id - Pemberian vaksin Sinovac kepada warga di Hotel Suny Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (6/4/2021). (foto : Kompas)

Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan menggelar vaksinasi terpisah secara bersamaan di tiga tempat. Dinas Kesehatan Provinsi Papua bakal siapkan sekitar 3 sampai 4 tim untuk melakukan vaksinasi Covid-19 tersebut.

Vaksinasi tersebut akan terlaksana secara bersamaan di Kantor Gubernur Papua, SMP Negeri 1 dan Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (27/8/21).

Kabarnya, Presiden RI, Joko Widodo akan memantau langsung jalannya proses vaksinasi di beberapa tempat tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame menyebutkan forkompimda Papua sudah melakukan rapat dengan Gubernur Lukas Enembe terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Papua.

“Vaksinasi Covid-19 nanti akan berlangsung di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, SMP Negeri I Jayapura dan di Kampung Harapan, Sentani. Dinas kesehatan Papua akan menyiapkan empat tim vaksinasi dan didampingi oleh tim kesehatan Kodam dan Polda Papua,” ujarny, Rabu (25/8/21).

Robby mengatakan peninjauan vaksinasi nanti merupakan salah satu agenda dalam kunjungan kerja (kunker) Presiden Jokowi di Papua.

“Kita sudah rapat, nanti Dinkes Papua akan didampingi juga oleh tim Kesehatan Kodam XVII Cenderawasih dan Polda Papua,” jelasnya.

Cegah Kerumunan Dengan Pembatasan Kuota Vaksinasi

Ia juga mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dalam proses vaksin tersebut, akan ada pembatasan terhadap kuota yang hadir. Dan pembatasan maksimal orang yang hadir di setiap lokasi hanya sekitar 400 orang. Penerapan itu berlaku juga karena saat ini Papua masih dalam masa PPKM level 4.

Menurutnya alasan lainnya terjadi pembatasan di lokasi vaksinasi itu, untuk menghindari kerumunan saat Presiden meninjau lokasi tersebut.

Baca Juga: Subda PON XX Merauke Menggelar Vaksinasi Selama Sebulan 

Memang sebelumnya telah ada laporan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal berkunjung ke Papua pada 26-28 Agustus 2021. Kunjungan Presiden Jokowi tersebut adalah untuk melakukan pengecekan terhadap kesiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan mulai Oktober mendatang.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Forkompinda di Provinsi Papua untuk menyiapkan kunjungan kerja presiden tersebut.

“Dalam rangka cek kesiapan venue untuk PON XX Papua tahun 2021 sekaligus cek kegiatan vaksinasi di Provinsi Papua,” kata Kamal.