Disdikpora Papua Akan Bentuk Akademi Sepakbola dan Atletik
beritapapua.id - Kepala Disdikpora Papua, Alexander Kapisa. (foto: Pasific Pos)

Dinas Olahraga dan Pemuda Papua (Disdikpora), tengah mencanangkan sebuah rancangan besar atau grand design untuk membentuk akademi sepakbola dan atletik.

Grand design tersebut lahir dari pemikiran Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe saat meresmikan Wisma Atlet dan Kantor KONI Papua di Stadion Mandala, tahun lalu.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disdikpora) Provinsi Papua, Alexander Kapisa mengatakan bahwa Dinas Olahraga dan Pemuda Papua hingga saat ini masih mengkaji rencana pembentukan akademi tersebut.

Dalam proses pengkajian tersebut Disdikpora akan melibatkan tenaga ahli olahraga dan pakar sport science asal Jawa Barat, Ucup Yusuf.

Ia menjelaskan bahwa rencana pembentukan akademi ini juga bertujuan untuk mencetak atlet-atlet berprestasi dan profesional.

Kepala Disdikpora Papua: Manfaatikan Venue Dengan Mencetak Atlet Profesional

Kapisa juga menyayangkan keberadaan venue yang bertaraf internasional jika tidak dimaanfaatkan dengan baik untuk pembinaan dan pengembangan atlet. Tujuannya adalah agar Papua bisa mencetak dan memiliki atlet profesional yang berlimpah.

Ia menegaskan akademi tersebut harus sudah terbentuk sebelum berakhirnya masa jabatan Gubernur Lukas Enembe.

Baca Juga: Subda PON Papua Akan Merekrut 3.400 Relawan di Merauke

“Jadi kalau 2–3 tahun Papua tidak bisa berpretasi di olahraga, kita akan merasa bersalah. Kalau kita bisa melahirkan atlet yang berpretasi akan menjadi sebuah kebanggaan.

Akademi ini sangat penting sekali, dan kalau kita bisa kelola akademi ini secara profesional itu sudah luar biasa bagi kita. Sebelum Pak Gubernur mengakhiri jabatannya, akademi ini harus terbentuk,” tegasnya.

Untuk mendukung pembentukan akademi tersebut, Kapisa mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan berupaya untuk mencari dan menggandeng sponsor.

Ia juga mengatakan bahwa rencana tersebut telah pihaknya sampaikan kepada Menpora dan sangat mengapresiasi rencana tersebut.

“Saya sudah izin kepada Pak Gubernur untuk diekspos kepada PT FI, dan dalam waktu dekat akan kita eskpos ke manajemen PT FI untuk pembentukan akademi ini. Saya sudah sampaikan juga ke Menpora dan beliau sudah apresiasi juga rencana ini. Selain merencanakan event untuk memanfaatkan venue, kami juga akan membentuk akademi. Ini juga merupakan visi dan misi Pak Gubernur,” ungkapnya.