Disdukcapil Merauke Layani Warga Secara Gratis!
beritapapua.id - Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, Paino. (foto : jubi)

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Merauke akan melayani warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan, seperti e-KTP, Kartu Keluarga dan dokumen lainnya secara gratis.

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Paino.

“Memang saya harus bersikap tegas. Karena tak ada dalam aturan jika masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan, baik e-KTP, kartu keluarga, dan lain-lain, harus membayar,” ungkapnya.

Paino kembali menegaskan tak ada pungutan sama sekali ketika masyarakat mengurus dokumen di kantornya.

“Kita layani gratis dan tidak berbelit-belit,” ungkapnya.

Masyarakat yang hendak mengurus e-KTP, imbuhnya, tak perlu lagi membawa surat pengantar dari RT atau kelurahan, cukup membawa kartu keluarga. Setelah itu masyarakat akan petugas arahkan untuk diambil fotonya dan dalam hitungan hari, e-KTp sudah bisa untuk diambil.

Paino mengaku pihaknya pernah mendapat laporan kalau ada stafnya di kantor meminta uang kepada salah seorang warga saat mengurus dokumen kependudukan berupa e-KTP.

“Betul, saya meyelidiki dan staf di kantor tersebut mengakui kalau menerima uang dari salah seorang warga senilai Rp600 ribu untuk memperlancar urusan pembuatan e-KTP,” ungkap Paino.

Terkait dengan kejadian tersebut ia mengatakan bahwa staf yang bersangkutan telah mendapatkan teguran. Dan staf tersebut juga telah membuat surat pernyataan serta mengembalikan uang Rp600 ribu yang ia terima.

Disdukcapil Merauke : Laporkan Jika Terjadi Pungutan

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika melihat ada temuan pungutan.

“Saya menghimbau kepada semua orang yang mendapat informasi kalau ada pungutan, agar segera melaporkannya,” katanya.

Baca Juga : 20 Personel Polres Mimika Lakukan Isolasi Mandiri

Paino juga menegaskan jika ada staf kedapatan lagi memungkut uang dari warga, akan memberikan tindakan tegas kepada staf tersebut. Atau kemungkinan gaji staf tersebut akan terpotong. Selain itu tindakannya tersebut disampaikan kepada Bupati Merauke, Romanus Mbaraka.

Salah seorang warga Kelurahan Rimba Jaya, Yustus (40), mengaku pelayanan di Kantor Disdukcapil Merauke sangat cepat dan tak ada pungutan dari staf.

“Semuanya gratis, saya mengurus kartu keluarga dan e-KTP tak ada biaya sama sekali. Tentu ini sangat membantu banyak orang, terutama rakyat kecil,” katanya.