Disorda dan KONI Papua Pantau Kesehatan Atlet Selama Pandemi  
Beritapapua.id - Disorda dan KONI Papua Pantau Kesehatan Atlet Selama Pandemi - Antara

Disorda dan KONI Papua Pantau Kesehatan Atlet Selama Pandemi  – Sehubungan dengan Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, termasuk juga pada Provinsi Papua. Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua memutuskan untuk merumahkan para atlet dari Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP).

Melansir dari Antara, Alexander Kapisa  selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kadisorda Provinsi Papua menyampaikan bahwa dalam konteks secara keseluruhan. Terdapat kebijakan khusus yang mana pihaknya telah merumahkan atlet PPLP.

Alexander menerangkan, kesehatan bahwa pihaknya tetap memantau kesehatan para atlet. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan lain sebagainya. Sehingga para atlet ini tetap berlatih pada rumahnya masing-masing namun dalam tetap dalam pengawasan.

“Meskipun dirumahkan, namun program dan materi latihan tetap berjalan secara virtual. Selain itu, selama ini terdapat tim pengawas dan pemantau sehingga masing-masing atlet akan dievaluasi.” Kata Alexander

Alexander juga menjelaskan jika para atlet ini tidak melaksanakan instruksi. Maka akan ada evaluasi terkait langkah-langkah selanjutnya. Sedangkan untuk atlet yang sedang melaksanakan TC PON merupakan ranah dan tanggung jawab KONI.

Baca Juga: Menpan RB: Aparatur Sipil Negara (ASN) Harus Netral

KONI Papua Juga Memantau Kesehatan Atlet PON

Disorda dan KONI Papua Pantau Kesehatan Atlet Selama Pandemi  
Beritapapua.id – Disorda dan KONI Papua Pantau Kesehatan Atlet Selama Pandemi – Pacificpos

Sementara itu, Kenius Kogoya selaku Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, mengatakan bahwa setelah adanya Covid-19, KONI benar-benar melakukan proteksi bagi atlet-atletnya khususnya untuk persiapan mengikuti PON XX pada 2021.

“Sehingga kami sudah menyiapkan segala sesuatunya melalui pusat pelatihan seperti perlengkapan untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Selain itu, kami juga menyiapkan tempat cuci tangan, masker, hand sanitizier hingga vitamin bagi para atlet ini.” Kata Kenuis.

Kenius juga menjelaskan untuk mencegah penyebaran Covid-19, para atlet tidak melaksanakan latihan pada tempat-tempat umum. Selain itu, KONI juga terus berupaya agar para atlet tersebut terus berprestasi meskipun dalam masa pandemi. Sehingga ia berharap kepada para atlet dan ofisial agar tetap menjaga protokol kesehatan sehingga pada 2021, event olahraga nasional ini dapat berjalan lancar.

“Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, kami berupaya agar atlet dapat latihan maksimal namun tetap terjaga keselamatannya.” Lanjut Kenius.