Dolar AS
beritapapua.id - Dolar AS Menyentuh Angka Rp.16.000? Intip Datanya

Nilai tukar rupiah hari ini terus menunjukkan pelemahan. Hal tersebut merupakan imbas dari pengaruh negatif virus corona atau Covid-19. Dimana nilai tukar rupiah menembus level Rp16.000 per dolar AS.

Dalam mesin pencarian Google tertulis bahwa rupiah sudah mencapai kisaran Rp16.000 per dolar AS. Yang mana kurs Google tersebut mengacu pada pasar Non-Deliverable Forward (NDF). Di pasar tersebut, kurs rupiah terhadap dolar AS memang sudah meningkat tajam.

Melalui keterangannya, Google menyampaikan bahwa baik penyedia data maupun kontennya, bursa keuangan dan setiap afiliasinya serta mitra bisnisnya (A) melepaskan tanggung jawab hukum secara tersurat mengenai keakuratan, kecukupan, atau kelengkapan data apapun, dan (B) tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, kelalaian, atau kecacatan lainnya dalam, keterlambatan atau gangguan data, atau tindakan apapun yang dilakukan dalam pengandalan atas hal tersebut.

“Baik Google maupun penyedia informasi lainnya tidak akan bertanggung jawab atas kerugian terkait dengan informasi yang Anda gunakan yang tersedia di sini. Seperti yang digunakan di sini, “mitra bisnis” tidak mengacu ke agen, kemitraan, atau hubungan usaha bersama antara Google dan pihak terkait mana pun,” tulis Google.

“Anda setuju untuk tidak menyalin, memodifikasi, memformat ulang, mengunduh, menyimpan, mereproduksi, memproses ulang, mengirim atau mendistribusi ulang data atau informasi apa pun yang ditemukan di sini atau menggunakan data atau informasi apa pun dalam perusahaan komersial tanpa memperoleh izin tertulis terlebih dahulu,” jelas Google.

“Semua data dan informasi yang disediakan “apa adanya”. Bertujuan hanya untuk informasi pribadi, dan tidak dimaksudkan untuk tujuan perdagangan atau saran. Harap hubungi wakil pialang atau keuangan Anda untuk memverifikasi harga sebelum melakukan perdagangan apa pun,” lanjutnya.

Dengan begitu, keterangan yang ada di Google tidak dapat dijadikan acuan atau jaminan keakuratan nilai tukar yang ditampilkan. Maka harus mengonfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah transaksi yang dapat terpengaruh oleh perubahan dalam nilai tukar rupiah.

Baca Juga: 2 Terdakwa Kasus Novel Baswedan Didakwa Penganiayaan Berat

Nilai Tukar Rupiah

Adapun data yang dikutip dari Financial Times Kamis (19/3) nilai tukar rupiah pada pukul 10.02 WIB bergerak tertekan di Rp15.387,68 terhadap dolar AS atau melemah 187,68 poin (1,32 persen).

Sedangkan data dari Bank Indonesia (BI) kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), Rupiah berada di level Rp15.712 per dolar AS. Angka tersebut menunjukkan pelemahan 489 poin dari nilai tukar rupiah kemarin yang sebesar Rp15.223 per dolar AS.

Kemudian data dari RTI per pukul 11.40 WIB nilai tukar Rupiah berada di angka Rp15.405 per dolar AS. Sedangkan dari data perdagangan Reuters, siang ini nilai tukar dolar AS tercatat menguat 187 poin (1,2%) di level Rp 15.387.