DP3A Pegaf Gelar Sosialisasi P2TP2A
beritapapua.id - DP3A Pegaf Gelar Sosialisasi P2TP2A - beritabeta.com

DP3A Pegaf Gelar Sosialisasi P2TP2A – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Pegunungan Arfak menggelar sosialisasi Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Kampung Irai, Distrik Anggi, Kamis (12/3/2020).

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak, yang selanjutnya disebut P2TP2A adalah pusat pelayanan yang terintegrasi dalam upaya pemberdayaan perempuan di berbagai bidang pembangunan. Serta perlindungan perempuan dan anak dari berbagai jenis diskriminasi dan tindak kekerasan. Termasuk perdagangan orang, yang dibentuk oleh pemerintah atau berbasis masyarakat, dan dapat berupa: pusat rujukan, pusat konsultasi usaha, pusat konsultasi kesehatan reproduksi, pusat konsultasi hukum, pusat krisis terpadu (PKT), pusat pelayanan terpadu (PPT), pusat pemulihan trauma (trauma center), pusat penanganan krisis perempuan (women crisis center), pusat pelatihan, pusat informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (PIPTEK), rumah aman (shelter), rumah singgah, atau bentuk lainnya.

Baca Juga: Permintaan Maaf Belanda Pernah Menjajah Indonesia

Tujuan Diadakannya Sosialisasi P2TP2A

Kepala DP3A Kabupaten Pegaf Elyas Inyomusi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak di daerah tersebut. “Kegiatan ini ditujukan untuk mencegah kekerasan yang terjadi terhadap perempuan dan anak. Agar kesejahteraan ibu dan anak (keluarga) dapat terjamin di dalam keluarga,” kata Elyas.

Selain itu, sosialisasi ini juga dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pamahaman tentang penyelesaian kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak jika terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Elyas mengungkapkan, perempuan dan anak sering menjadi objek kekerasan di dalam rumah tangga maupun di lingkungan sekitarnya. Salah satu faktornya adalah budaya yang masih memandang perempuan lebih rendah dari laki-laki.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi tersebut di ikuti sekitar 50 peserta dari berbagai elemen masyarakat. Seperti, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan. Tidak ketinggalan juga beberapa peserta dari instansi pemerintah seperti perwakilan dinas kesehatan dan dinas pendidikan setempat.

Kegiatan sosialisasi P2TP2A oleh DP3A Kabupaten pegaf sebelumnya dibuka oleh bupati kabupaten pegaf Yosias Saroy. Kegiatan ini juga dihadiri oleh LO Polres Persiapan Pegaf Kompol Ockto, Kabag Humas Sebulon Saroy, dan beberapa pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Pegaf.