DPHKJM Papua Buka Posko Unit Pengumpulan Zakat di Kota Jayapura
beritapapua.id - Ketua Umum HKJM Papua, H Sarminanto, SH, MM, didampingi Ketua Harian HKJM Papua, Dipo Wibowo dan Ketua UPZ HKJM Papua Ustadz Zaenuri LC, menunjukan pembayaran zakat di Depan Toko Mahligai, Abepura, Kota Jayapura. (Foto: Papuainside)

DPP Himpunan Kerukunan Jawa Madura (HKJM) Provinsi Papua, membuka Posko Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di depan Toko Mahligai, Abepura, Kota Jayapura, Minggu (17/4/2022).

Dalam kegiatan itu Ketua Umum DPP HKJM Papua, H Sarminanto, SH, MM, membuka langsung Pokso Unit UPZ. Turut hadir juga Ketua UPZ HKJM Papua, Ustadz Zaenuri LC dan Ketua Harian HKJM Papua, Dipo Wibowo.

Sarminanto mengatakan, Posko UPZ HKJM Papua ini, telah bekerjasama dengan Baznas Kota Jayapura yang telah berjalan selama tiga tahun ini.

“Tahun ketiga ini, kami harap keluarga besar HKJM Papua dan masyarakat umum untuk menyalurkan zakatnya lewat Posko UPZ ini,” ujarnya.

Menurutnya pembukaan Posko UPZ HKJM Papua ini, berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat–pusat perbelanjaan yang mudah untuk dijangkau. Dengan begitu masyarakat tidak perlu repot untuk mencari tempat pembayaran zakat.

Selain itu, pihaknya juga membuka Posko UPZ HKJM Papua di Depan Sagu Indah Plaza (SIP) Jayapura, Taman Imbi, Saga Mall Abepura dan di Kediaman Ustadz Zaenuri LC di Paldam.

“Semua Posko UPZ HKJM Papua ini dibuka setiap hari pukul 10.00 – 17.00 WIT hingga H-3 Idul Fitri 1443 H,” terangnya.

“Kami harap masyarakat yang belum membayar zakat, bisa singgah ke Posko UPZ HKJM untuk menyalurkan kewajibannya sebagai umat Islam. Ayo bayar zakat ke UPZ HKJM, mudah, amanah dan profesional,” ujarnya.

Sarminanto mengungkapkan jika selama tiga tahun berjalan ini, keberadaan Posko UPZ HKJM Papua mendapatkan respon positif dari masyarakat dengan membayar zakat. Bahkan, ada kecenderungan mengalami peningkatan.

“Selain bisa datang membayar zakat lewat Posko UPZ HKJM Papua ini, kami juga melayani pembayaran zakat lewat bank, karena kami sudah kerjasama dengan tiga bank, salah satunya rekening Bank Muamalat 8810024223. Ayo bayar Zakat agar hidup lebih berkah,” jelasnya.

Mensosialisasikan Pembukaan Posko

Sarminanto menambahkan jika pihaknya juga mensosialisasikan pembukaan Posko UPZ HKJM Papua ini kepada paguyuban–paguyuban HKJM Provinsi Papua.

Sementara itu, Ustadz Zaenuri menambahkan, pembukaan Posko UPZ ini, untuk mendekatkan pelayanan kepada umat dalam membayar zakat.

“Kami buka dua Posko UPZ HKJM Papua yakni di depan Toko Mahligai Abepura dan depan SIP Jayapura,” katanya.

Baca Juga: Paulus Waterpauw Sampaikan Dukacita Mendalam Atas Kecelakaan Maut di Pengunungan Arfak

Ia mengatakan pembukaan Posko UPZ HKJM Papua bekerjasama dengan Baznas yang telah berjalan memasuki tahun ketiga ini, selalu mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Bahkan, pada tahun 2022 ini, pihaknya menargetkan penerimaan zakat ini bisa meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun–tahun sebelumnya.

Pada tahun 2022 ini, Zaenuri mengungkapkan, jika fokusnya untuk pemberdayaan ekonomi umat, lantaran sudah dua tahun terakhir ini, ekonomi masyarakat terdampak akibat terjadinya pandemi Covid-19.

Zaenuri menjelaskan, HKJM Papua tahun rencana membuka 4 gerai cuci motor dan 10 gerobak gorengan serta menyalurkan untuk 20 penjual baru telur lokal.

“Mudah-mudahan dengan adanya gerai usaha baru ini, muncul pegiat ekonomi baru, bisa mencukupi kebutuhannya dan suatu saat bisa mengeluarkan zakat,” tutur Zaenuri.