Dua Mahasiswi Papua Lulus dari Kampus Bergengsi di Amerika
Beritapapua.id - Dua Mahasiswi Papua Lulus dari Kampus Bergengsi di Amerika - Jubi

Dua Mahasiswi Papua Lulus dari Kampus Bergengsi di Amerika – Mereka adalah Jane Christine Mebri dan Ilse Debora Abisay. Dua mahasiswi kelahiran Papua yang berhasil menyelesaikan pendidikan mereka di Negeri Paman Sam. Bahkan, keduanya hendak melanjutkan ke jenjang S2.

Jane Christine Mebri berhasil menyelesaikan program studi matematika pada Iowa State University Amerika Serikat. Saat ini, ia tengah menjalani pendidikan masternya pada program studi matematika terapan dan komputasi di Western Michigan University.

Masih dalam ilmu sains, Ilse Debora Abisay lulus sebagai sarjana kimia dari University Of Montana. Ia akan bertemu Jane di Western Michigan University lantaran ia akan melanjutkan studinya di program studi sains dan kimia di sana.

Atas prestasinya, mereka semakin bersemangat untuk membagikan ilmunya untuk anak-anak Papua. Ilse Abisay, misalnya. Ia menyatakan siap untuk mengabdi setelah pulang nanti.

“Terima kasih kepada Tuhan Jesus dan kepada pemerintah yang telah membantu kami sehingga dapat menyelesaikan studi dengan baik. Saya siap mengabdi bagi masyarakat Papua sesuai dengan keilmuan yang sudah saya pelajari,” kata Ilse Abisay dikutip dari Jubi.

Kedua mahasiswi tersebut merupakan peserta dari Pemerintah Provinsi Papua. Keduanya mulai kuliah pada tahun 2016 dan lulus tahun 2020. Mereka berdua sangat berterima kasih pada pemerintah atas perhatiannya terhadap anak Papua.

“Saya berharap program beasiswa ini tetap dilanjutkan dan berharap bapak gubernur dan wakil gubernur sehat selalu demi membangun Papua,” ucap Jane Mebri.

Baca Juga: LIPI: Peningkatan Pendidikan Bagi Anak-anak Papua

Siapa Orang Tua yang Tidak Bangga?

Dua Mahasiswi Papua Lulus dari Kampus Bergengsi di Amerika
Beritapapua.id – Dua Mahasiswi Papua Lulus dari Kampus Bergengsi di Amerika – Papua times

Tidak banyak kesempatan untuk berkuliah di negeri asing. Terlebih, bagi orang-orang yang kurang mampu. Memiliki anak yang mampu menembus seleksi ketat beasiswa serta menyelesaikannya studinya menjadi kebanggaan bagi orang tua.

“Banyak orang tua tidak mampu. Salah satunya kami. Namun dengan beasiswa dari pemerintah, anak kami dapat kuliah di Amerika,” kata mama Yaboisembut, orang tua dari Jane Mebri.

“Sebagai orang tua dari anak-anak penerima beasiswa, saya hanya bisa mengirim doa dan terima kasih kepada bapak gubernur, wakil gubernur dan semua jajaran yang telah memfasilitasi dan bekerja siang malam sehingga anak kami berhasil menyelesaikan kuliah di Amerika,” imbuhnya.

Bagi Mama Yaboisembut, ia adalah keluarga yang beruntung. Pasalnya, tidak banyak orang yang mendapatkan kesempatan sebagaimana anaknya. Ia mengajak seluruh orang tua untuk terus mendukung program tersebut agar semakin banyak anak Papua yang dapat belajar ke luar negeri.

“Kita bersyukur karena program beasiswa ini. Makanya saya minta para orang tua memberikan dukungan kepada pemerintah dan jangan terlalu banyak protes. Kita harus ingat bahwa ada banyak orang yang tidak dapat kesempatan mendapat beasiswa,” ujarnya.