Dua Pria di Lanny Jaya, Nekad Serang dan Rampas Senjata Api Polisi
Korban menjalani perawatan di RSUD Wamena (foto : merdeka.com)

Aipda Jhonathan (42), anggota Polres Lanny Jaya, Papua, menjadi korban penyerangan sekelompok orang di Jalan Trans Kimbim, Distrik Hubikosi, Kabupaten Jayawijaya pada Selasa (4/5) siang.

Sejumlah oknum di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, nekad melakukan aksi penganiayaan dan percobaan perampasan senjata api (Senpi) milik salah satu personil Polres Lanny Jaya.

Kejadian tersebut terjadi tepat pada hari Selasa, 4 Mei 2021, bertempat di jalan Trans Kimbim, Distrik Hubikosi, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi

Oknum masyarakat yang menjadi pelaku terdiri atas dua orang. Yang pertama ialah Ones Elopere (24), sedangkan yang kedua adalah Yakob Meaga (22).

Sementara, korban yang adalah anggota polisi adalah Aipda Jhonatan Bangun (42).

Berdasarkan keterangan yang ada, bahwa korban awalnya sedang menuju ke arah Kabupaten Lanny Jaya dengan melintasi Jalan Trans Kimbim, tepatnya memasuki Distrik Hubikosi melewati Jembatan.

Kemudian secara tiba-tiba korban dihadang oleh kedua pelaku tersebut yang hendak menyerang korban.

Selanjutnya, dengan spontan korban mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak 3 (tiga) kali ke arah atas. Lantas bukan berhenti melakukan tindakannya sebaliknya, kedua pelaku tetap menyerang korban dengan cara menikam.

Namun, korban tidak mengalami luka lantaran menggunakan Rompi Sajam. Tak hanya itu, pelaku juga bahkan melakukan pemukulan terhadap korban dengan menggunakan kayu balok.

Pada saat korban diserang oleh kedua pelaku tersebut, korban sempat melakukan perlawanan dengan melepaskan tembakan untuk melumpuhkan salah satu pelaku.

Salah Satu Pelaku Berhasil Melarikan Diri

Pelaku yang berhasil dilumpuhkan ialah Ines Elopere, yang mana tembakan mengenai tepat pada paha kiri Ines. Sedangkan, pelaku lainnya, Yakob Meaga langsung melarikan diri.

Akibat dari penyerangan tersebut korban mengalami luka memar pada sekujur tubuh akibat pukulan benda tumpul. Kemudian membawanya ke RSUD Wamena untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Baca Juga : DPR Papua Minta Pemprov dan Pemkab Bahas Penanganan TPI dan PPI

Pihak Kepolisian Polres Lanny Jaya sendiri baru menuju ke lokasi kejadian setelah mendapatkan laporan dari salah satu sopir yang sempat menyaksikan kejadian tersebut.
Setelah mendapatkan laporan tersebut, Personil Polsek Kimbim langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Jayawijaya.

Setelah itu, Personil Polsek Kimbim bersama Personil Koramil Asologaima beserta Personil Polres Jayawijaya langsung mendatangi TKP untuk mengevakuasi korban.

Hingga saat ini, aparat TNI-Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap pelaku pelaku yang atas nama Yakob Meaga yang telah melarikan diri.

Sementara, pelaku Ones Elopere yang mengalami luka tembak, telah berhas diamankan Polisi guna penyelidikan lebih lanjut.