Dua Tambahan Emas Bawa Kontingen Papua ke Urutan Lima di Fornas
beritapapua.id - Tim Kontingen Papua di Fornas VI 2022. (Foto: Istimewa)

Kontingen Papua kembali menambah dua emas di hari kedua Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022 di Palembang, Sumsel, Minggu (3/7/2022).

Sebelumnya, Kontingen Provinsi Papua di hari pertama berhasil merebut empat medali (2 emas, 1 perak dan 1 perunggu).

Dua medali emas disumbang masing-masing tim tarik tambang beregu putra dan putri, usai mengandaskan perlawanan tim tuan rumah Sumsel.

“Hari ini tim Papua kembali bersuka cita, karena dua jenis olahraga yang jadi unggulan Papua (tarik tambang), meraih emas di putra dan putri,” jelas Sekretaris Kormi Papua, Simson Rumbiak, usai pertandingan di Venue Voli Pasir, Jakabaring, Palembang, Sumsel.

Menurutnya hasil tersebut juga menandakan bahwa tetap menjadi yang terkuat di jenis olahraga tarik tambang.

“Ini menandakan seluruh nusantara semakin tahu kalau tim Papua yang terkuat di jenis olahraga tarik tambang. Dan prestasi ini akan terus kita pertahankan di Fornas VII, Jawa Barat nanti,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan torehan ini, kontingen Papua bertengger di urutan ke-5 dengan mengantongin 4 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

“Kami tidak akan puas dengan hasil sementara, para penggiat akan terus berjuang menyumbangkan yang terbaik untuk tanah Papua,” tegasnya.

Optimis Tambah Emas

Ia juga mengungkapkan bahwa kontingen Papua masih berpeluang mendapatkan satu mendali pada senam kreasi. Karenanya Simson optimis tim Papua bakal kembali mendulang emas. Sebab salah satu jenis olahraga senam kreasi yang akan dipertandingkan merupakan nomor unggulan Papua.

“Untuk nomor senam kreasi Papua sudah 3 kali raih emas. Dan kita optimis besok tim Papua akan kembali meraih emas,” terangnya.

Baca Juga: Temuan Bom di Abepura Gegerkan Warga, Bom Mortil Peninggalan Perang Dunia

Untuk itu, ia meminta dukungan doa seluruh masyarakat Papua agar apa yang sudah menjadi terget nantinya bisa tercapai.

“Kami minta dukungan doa masyarakat Papua, agar kontingen Papua kembali meraih emas untuk bisa mencapai target masuk 10 besar klasemen,” tandasnya.

Sementara sumbangan satu perak dari jenis olahraga gebuk bantal putra, turut melengkapi dua medali emas dari induk olahraga Portina.

Hasil ini pun membawa Papua duduk manis di peringkat lima klasemen sementara dengan perolehan empat emas, dua perak dan satu perunggu.