Dubes Perempuan Pertama Asal Papua Dilantik Langsung Oleh Jokowi
beritapapua.id - Duta Besar Selandia Baru, Fientje Maritje Suebu. (dok. Sekertariat Presiden)

Jakarta, Rabu (12/1/2022), Presiden Joko Widodo melantik tiga Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia. Pelantikan dilakukan di Istana Negara dengan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 4/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia.

Adapaun yang dilantik salah satunya warga Papua yang di angkat menjadi Dubes (Duta Besar) oleh Jokowi yaitu Fientje Maritje. Dia dilantik menjadi Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.

Ada fakta menarik dari nama Fientje, Dia adalah perempuan pertama asal Papua yang dilantik menjadi seorang Duta Besar Republik Indonesia.

Dalam pelantikan itu, juga dilakukan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Jokowi. Dengan sumpah tersebut, mereka resmi menjadi perwakilan Republik Indonesia di negara tujuannya.

Mengenal Fientje Maritje Suebu

Fientje Maritje Suebu merupakan anak perempuan satu-satunya diantara lima putra kepala suku di Papua. Perempuan dari Sentani ini berkiprah selama 31 tahun di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Puluhan tahun Fientje berkarier di dunia diplomasi sekaligus menjadi ibu dari tiga anak diakuinya bukan hal yang mudah.

Baca Juga: Kabupaten Sorong Memperoleh Rangking Dua Dalam Capaian Vaksinasi

Profesinya itu mengharuskan dia untuk melakukan perjalanan ke negara lain setiap tiga sampai empat tahun.

Salah satu tantangannya adalah beradaptasi dengan berbagai sistem pendidikan di negara lain. Kendati demikian, dia tetap mendapatkan dukungan dari sang suami Philpus Sarwom.

Dengan capaian karier yang ia dapatkan, Fientje ingin menunjukkan bahwa orang Papua mampu berdaya seperti yang lainnya. Dia yakin perempuan Papua mampu menjadi agen perubahan di bidangnya masing-masing.