Dukung Jalannya PON XX, PDAM Jayapura Siapkan Water Station
Kepala PDAM Jayapura, Entis Sutisna

Dalam menyambut dan untuk mendukung berjalannya PON XX yang akan bergulir di Papua mendatang, PDAM Jayapura telah menyiapkan stasiun pengisian air atau water station dan kendaraan tangki PDAM. Hal ini upaya dalam mendukung percepatan pelayanan air bersih ketika PON XX nanti.

Direktur Utama PDAM Jayapura Entis Sutisna mengatakan, ini sebagai upaya menunjang perhelatan PON XX pada Oktober 2021 mendatang.

“Ketersediaan tangki air 9 unit dan 2 water station di Entrop. Dan PLTD Yarmock untuk mempercepat kendala distribusi air bersih saat PON nanti,” ujar Entis, Jumat (16/4).

Demi Memaksimalkan PON XX, 9 Unit Tangki Air Telah Siap

Untuk memaksimal berlajalannya PON XX dalam melayani kendala air bersih, sebanyak 9 unit kendaraan tangki air telah siap. Dalam total 9 kendaraan tersebut masing-masing milik PDAM 4 unit dan 5 unit milik Dinas PUPR Provinsi Papua.

Ia juga mengatakan, bahwa telah menyiapkan reservoir atau bak cadangan air bersih berkapasitas 50 meter kubik.

Baca Juga : Pelni Manokwari Hentikan Sementara Penjualan Tiket

PDAM juga sedang membangun water station di 2 tempat. Untuk tempatnya sendiri adalah Skyline Kampung Buton, dua titik di Padang Bulan dan satu titik di Kampung Harapan, Sentani.

Dalam menunjang alat dan aset PDAM tersebut telah ada Satgas Bidang Air Bersih yang bertugas memastikan kelancaran distribusi air bersih.

Pelanggan Khusus Perhotelan Agar Bisa Menampung Para Atlet

Entis meminta kepada pelanggan khusus yakni perhotelan yang akan menampung para atlet PON XX, agar melakukan koordinasi dengan satgas PDAM jika mengalami kendala distribusi air. Sebanyak 77 hotel, sepanjang merupakan pelanggan PDAM dan tidak menggunakan sumur bor, sudah dijamin ketersediaan airnya.

“PDAM mengajak PHRI dan anggotanya untuk menginformasikan apabila ada kendala distribusi air untuk dikoordinasikan dengan kita untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Entis juga memberi contoh hotel yang potensial adalah Swissbell Hotel. Dalam hal ini Swissbell Hotel sudah dimaksimalkan dengan menggunakan sumber air Kali Kojabu.

Hotel di wilayah Entrop juga sudah ada perbaikan jaringan di 3 hotel. Dengan jaringan pipa khusus yang terpisah dari pelanggan lain. Hotel tersebut antara