Edo Kondologit Musisi Yang Bangga Menjadi Orang Papua
Beritapapua.id - Edo Kondologit Musisi Yang Bangga Menjadi Orang Papua - Detak.co

Edo Kondologit Musisi Yang Bangga Menjadi Orang PapuaEhud Edward Kondologit atau yang akrab disapa Edo Kondologit merupakan musisi Indonesia kelahiran Sorong, 5 Agustus 1967. Namanya memang identik dengan Papua, melalui musik jazz. Selain kerap melantunkan lagu perdamaian, Edo juga aktif dalam melalui sejumlah organisasi sosial. Edo bahkan kerap kali membawakan lagu-lagu rohani Kristen.

Lewat lagu “Aku Papua” yang ciptaan almarhum Franky Sahilatua, Edo bercerita tentang kebanggaan menjadi orang Papua dengan negeri berlimpah kekayaan alam. Baginya lewat lagu tersebut dapat memberi semangat, motivasi, dan keyakinan persamaan harkat orang Papua.

Sebab menurutnya, masih banyak orang Papua yang minder lantaran kulit hitam dan rambut keriting. Sebab berbagai citra yang sering memunculkan bahwa orang cantik itu berkulit putih dan rambut lurus. Padahal orang hitam juga cantik. Dalam setiap karyanya, Edo selalu mempromosikan tanah Papua dengan segala suguhan keindahan alamnya.

Sebagai seniman Tanah Air, Edo yang berdarah ingin kembali menjalin keharmonisan Indonesia lewat seni. Ia ingin menunjukkan bahwa Indonesia ini beragam dari barat sampai ke timur. Menurutnya seni itu bicara tentang keindahan, tentang sesuatu hal yang menyentuh batin. Sehingga ia berharap seni dapat memberikan warna kepada Indonesia dari Sabang sampai Marauke, dari Sumatera sampai ke Papua.

Baca Juga: Jakarta Produksi 8000 Ton Sampah Plastik Dalam Sehari

Memajukan Indonesia Timur Terutama Orang Papua

Sepanjang perjalanan karirnya, Edo kerap kali memotivasi agar penduduk asli Papua sanggup untuk memajukan daerah timur Indonesia.

“Kita, orang Papua, berada di tempat yang pertama menerima sinar matahari sebelum saudara-saudara kita di wilayah tengah dan barat Indonesia. Sebelum orang-orang di bagian tengah dan barat Indonesia masih tidur nyenyak dan belum mendapat energi, orang Papua sudah bangun dan menerima energi matahari. Jadi, harus lebih maju. Orang Papua seharusnya mampu membuat Papua lebih makmur ketimbang wilayah tengah dan barat Indonesia.” Kata Edo

Menurut Edo Kondologit, kerusuhan Papua merupakan luka bagi Indonesia. Edo berharap kejadian itu tidak mengusik rasa kebersamaannya dan keberagaman yang selama telah ada. Ia ingin menunjukkan Indonesia tetap bersaudara, jika ada permasalahan maka selesaikan dengan baik-baik.

“Kita semua bersaudara, kita semua satu kesatuan Bhineka Tunggal Ika, kita dari suku, agama, dan kebudayaan yang berbeda, kita semua Indonesia.” Jelas Edo Kondologit.