Erupsi Gunung Api Bawah Laut, Tsunami Landa Pesisir Pantai Tonga
beritapapua.id - Tangkapan satelit letusan Gunung Hunga Tonga Ha'pai pada Jumat (14/1/2021). (Foto: AP)

Telah terjadi Erupsi besar gunung berapi bawah laut Tonga kembali terdeteksi pada Minggu (16/1) malam. Erupsi terbaru itu terdeteksi oleh stasiun Pusat Peringatan Vulkanik Australia yang berbasis di Darwin pada Senin (17/1) pagi.

Gunung api Tonga erupsi pertama kali pada Jumat (14/1) dan memuntahkan gumpalan abu vulkanik setinggi 20 kilometer ke udara.

Letusan kedua terjadi pada Sabtu (15/1) pukul 17.26 waktu setempat. Letusan kali ini memicu tsunami Tonga dan berdampak pada sejumlah wilayah lainnya.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran Uncen Jayapura Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan

Selain itu, letusan gunung juga memicu tsunami dengan gelombang setinggi 1,2 meter yang menghantam rumah-rumah di pantai Tonga. Banyak warga Tonga meninggalkan daerah dataran rendah karena takut gelombang akan bertambah besar.

Efek erupsi dan tsunami ini mengakibatkan listrik serta jaringan telepon dan internet terputus sejak Sabtu. Ini membuat sebagian besar warga tidak terjangkau dalam kepanikan.

Sejumlah ahli menganggap butuh dua pekan setidaknya untuk memulihkan jaringan komunikasi dan internet Tonga.

Hingga kini, sejumlah pihak seperti Australia dan Selandia Baru melaporkan tidak ada korban jiwa akibat tsunami dan gunung meletus di Tonga. Namun, kerusakan signifikan tercatat akibat bencana tersebut.